PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI PADA SISWA KELAS X IPA 1 MA ROUDLOTUL MUBTADIIN DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dengan memakai model TPS pada materi keanekaragaman hayati, hasil belajar siswa akan terjadi peningkatan yang signifikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan cara mengetahui hasil ketuntasan klasikal pada setiap siklus, yaitu pra siklus, siklus 1 dan siklus 2, berupa kegiatan pemberian tes hasil belajar siswa pada masing-masing sklus tersebut. Hasil dari masing-masing siklus yaitu pada pra siklus ketuntasan klasikal sebesar 5,56 persen, pada siklus 1 mengalami kenaikan menjadi 55,56 persen, sedangkan pada siklus 2 naik lagi menjadi 88,89 persen. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa penerapan metode Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Nugrah Wahyu Dipraya, dkk, ( 2015 ) , PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MATA DIKLAT MEMBACA GAMBAR TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 7 SURABAYA, JTPM Volume 04 Nomor 01 Tahun 2015, Halaman 17 25.
Putu Ayu Paryawati, dkk ( 2018 ), PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK N 1 SINGARAJA, Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, Volume 8 Nomor 3 Tahun 2018, ISSN 2615 2797.
Hadijah Goba, 2020. PENERRAPAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI NKPI DI SMK NEGERI 2 MAUMERE TAHUN AJARAN 2019/2020, INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, Volume 2 Nomor 3 Oktober 2020. ISSN 2686 5661
Aisyah Kusumarini, 2018. IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS), Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.
Rukiah Lubis, ( 2019 ). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA . Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, Volume 2 Nomor 2 Desember 2019, ISSN : 2598 7453.
Abdul Rachmat, 2021. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran PPKN untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 4 Gowa, Jurnal Paedagogy, Januari 2021 Volume 8 Nomor 1, ISSN 2355 7761.
Carolus Ryan P P, dkk, 2020. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMK NEGERI 1 MAGELANG, Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, Volume 3 Nomor 1, November 2020.
Fitria Damayanti, dkk. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP SISWA SMK. E-Journal Volume 10 Nomor 02 Tahun 2021. Edisi Yudisium Periode Juli 2021. Hal 75 83.
Erika Wanda Puspita, 2021. IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA VIDEO YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DI SMK. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, Volume 7 Nomor 2 Tahun 2021. ISSN : 2252 5122.