PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-MIA 4 SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Noor Hayati


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1493

Abstract


Adanya pendidikan biologi diharapkan dapat mengembangkan wawasan, pengetahuan dan potensi siswa, sehingga siswa memiliki kecakapan untuk mengatasi masalah yang ada. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang berbeda-beda, untuk menyelesaikan masalah ini guru memerlukan media yang sesuai dengan materi-materi pembelajaran yang diajarkan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian True experimental design. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelas penelitian, yaitu kelas pertama adalah kelas eksperimen dan kelas kedua adalah kelas kontrol. Kedua kelas ini mendapat pembelajaran materi yang sama yaitu sistem gerak manusia. Perbedaan antara kelas ini adalah media yang diterapkan. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan alat peraga torso sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan menggunakan buku paket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penggunaan alat peraga torso pada materi sistem gerak manusia pada siswa kelas XI MIA-4 SMAN 1 Boyolangu dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga torso pada materi sistem gerak manusia kelas XI MIA-4 SMAN 1 Boyolangu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Article Metrics :

References


Arifin, Zainal. (2009). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakar.

. (2012). Evalusai Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Wali Press.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitin Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anggani, Veri Putra. (2013). Alat Peraga Torso untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SDN Binaraga Cianjur. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia.

Boer, Ardiyan. (1990). Osteologi Umum. Padang: Angkasa Raya.

Bahri, Syaiful Djamarah. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi, Dharis Apriliyanti dkk. (2013). Pengembangan Alat Peraga IPA Terpadu pada Tema Pemisahan Campuran untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. USEJ. Vol.4, No.2.

Eliana, Anita Sibarani. (2014). Penerapan Metode Diskusi Melalui Media Torso Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa XI IPA SMAN 2 Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. Vol.2, No.3.

Fawcet. (2002). Buku Ajar Histologi. Jakarta: EGC.

Gibson, John. (2002). Fisiologi & Anatomi Modern Untuk Perawat Edisi 2. Jakarta: EGC.

Inayah, Husnul Saleh. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumbu. Jurnal Sainmant. Vol. IV, No.1.

Johnson dan Raven. (1992). Biologi. Jakarta:Gramedia.

Kimball, John W. (1996). Biologi Jilid 2 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kennet, S. (2007). Anatomi and Physiologi. Newyork: United States.

Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Manzilatusita. (20017). Pemberian Motivasi Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Budaya Educare. Vol.5, No.1.

Narbuko, Cholid. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurbatni. (2005). Alat Peraga. Jakarta: Tarsito.

Purwonto, Ngalim. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung:

Pearce, Evelyn C. (2008). Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia.

Rahmah, Annisa dkk. (2015). Big Book Biologi. Jakarta: PT. Kawah Media.

Riyana, Cepy. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Islam.

Suprijono, Agus. (2012). Cooveratif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sosilowarno, Gunawan dkk. (2009). Biologi. Jakarta: Grasindo.PT. Remaja Rosdakarya.

Sadiman, Arief dkk. (2008). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shihab, Quraish. (2002). Tafsir Al-Misbah Cetakan VII. Jakarta: Lentera Hati.

Sardirman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.