PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 GONDANG

JUWITA GUMILANG


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1112

Abstract


Siswa kelas III SD Negeri 1 Gondang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas kurang kondusif dan banyak siswa yang tidak memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung. Kegiatan pembelajaran yang kurang kondusif ini disebabkan karena beberapa factor yaitu media pembelajaran yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga diharapkan dengan adanya media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 1 Gondang tahun 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Data yang terkumpul menggunakan teknik analisis kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Gondang yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil analisis data penelitian ini menggunakan uji T dengan ketentuan hasil > yaitu 4.091 > 2.021 dan nilai Sig.(2-tailed) < 0.05 yaitu 0.000 < 0.05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 1 Gondang. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media monopoli terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 1 Gondang. Media monopoli dapat digunakan sebagai sarana untuk membangkitkan motivasi peserta didik untuk belajar, mengasah kemampuan pemahaman konsep.

 

Kata kunci: Hasil Belajar IPA, media, monopoli,

Article Metrics :

References


Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran.Surakarta: UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press).

Arikunto, S. (2013). prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Davidi, elisabeth irma novianti. (2018). permainan monopoli berbasis problem- based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikirkritis. Journal of Indonesian Education, 10(1), 59–69. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3928/00220124- 20140224-14

Feri Tirtoni, Z. F. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA MONOPOLI PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN 1 JEMUNDO TAMAN Feri. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. II). Daiwashuppan. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/19657

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2018). PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA BERBANTUAN BUKU SAKU MELALUI MEDIA PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENANAMKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM BERHITUNG DI SDN 020 RW 02 KELURAHAN SEI LANGKAI. MINDA BAHARU, 2(1). https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.1405

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. yogyakarta: multi pressindo.

Sapriati, A. (2014). Pembelajaran IPA di SD. tanggerang selatan: universitas terbuka.

Soegeng, A. ., & Dewi, S. K. S. (2015). KEEFEKTIFAN METODE PERMAINAN MONOPOLI MATERI OPERASI HITUNG TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD NEGERI 1 KEDUNGSUREN KENDAL. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v3i1.625

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenademedia group.

Triastuti, D., Akbar, S., & Irawan, E. B. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR, 1–7.

Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & januar saputra, H. (2017). pengembangan media monergi (monopoli energi) untuk menumbuhkan kemampuan pemahamn konsep ipa siswa sd. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 136–144. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.4990

Utami, R. D., Sari, I. N., & Melindayani, S. (2018). GENERASI BERKARAKTER DENGAN MOCITA (MONOPOLI CINTA TANAH AIR) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN KARAKTER PADA DIRI ANAK SEKOLAH DASAR. PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN, 4(2), 825–833. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pena/article/view/1626

Yandari, I. A. V., & Kuswaty, M. (2017). PENGGUNAAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1037