PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN MELALUI METODE SKRIP KOOPERATIF SISWA KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 1 PONGGOK KABUPATEN BLITAR
Abstract
Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang menekankan adanya kerjasama antar siwa dalam kelompoknya untuk mencapai tujuan belajar. Model pembelajaran kooperatif sangat berkaitan dengan konsep-konsep yang rumit dan strategi kognitif, serta bersifat analisis sintesisi yang mengacu pada pemecahan masalah. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian kelas XII IPA 1 .Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan postes. Penerapan model pembelajaran Skrip kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia. Hal ini dapat dibuktikan dengan Jumlah siswa yang tidak tuntas pada sikkus 1 sebanyak 9 siswa dengan persentase ketuntasan 77,5 % sedang pada sijlus 2 jumlah siswa yang tidak tntas sebanyak 4 siswa dengan persentase ketuntasan 90% sedang pada sijlus 3 jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa dengan persentase ketuntasan 97 % Dengan demikian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Skrip kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada materi Sifat Koligatif Larutan di SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Skrip kooperatif dapat dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir.
Kata kunci: Pembelajaran Skrip Kooperatif , Minat Siswa, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Anita Lie, 2005, Cooperif learning Mempraktikkan Cooperatif Learning dibruang-ruang kelas , jakarta, Grasindo
Arikunto Suharsimi, Prof., Juli 2006. Penelitian Tindakan Kelas , Bumi Aksara, Jakarta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 1999. Penelitian Tindakan (Action Research)
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Kimia, Jakarta
Gak Wardhana dkk, 2000. Penelitian Tindakan Kelas, Pusat Penelitian UT
Hasan N, 1997. Psikologi Pengajaran, Jakarta : Grasindo
Made Wena, 2008,Strategi Pembelajaran Inovatif kontemporer, Bumi Aksara
Michael Purba, 2003. Kimia SMA, Erlangga, Jakarta
Omar hamalik, 1983, Model-model Pembelajaran dan kesulitan belajar, Tarsito, Bandung
Poerwadarminta, WJS. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Balai Pustaka
Rokhmad, 2004, Kimia, Yogyakarta, Primagama
Subiyakto, 1990. Strategi Belajar Mengajar IPA, Malang, IKIP
Universitas Negeri Malang, 2003. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Edisi Keempat.
Universitas Negeri Malang, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapanya dalam KBK.
Wiyanto, 1990. Strategi Belajar Mengajar IPA, Malang, IKIP