PERBANDINGAN PENINGKATAN SERTA PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN NYATA DAN VIRTUAL PADA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan peningkatan dan pengaruh penggunaan metode eksperimen nyata (EN) dan virtual (EV) dengan menggunakan model inkuiri terhadap Keterampilan Proses sains (KPS) siswa Sekolah Dasar (SD) pada materi kelistrikan. Untuk mengetahui peningkatan dan pengaruh KPS siswa pada kedua kelas eksperimen dilakukan penelitian kuasi eksperimendengan menggunakan metode penelitianRandomized Pretest-Postest Comparison Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI (enam) SD di Kota Bandung yang berjumlah 50 orang siswa yang terbagi dalam 2 kelas masing-masing berjumlah 25 orang siswa. Perlakuan (treatment) dilakukan sebanyak dua pertemuan pada setiap kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedua kelas eksperimen memiliki peningkatan dan pengaruh yang sama.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Adisyahputra, M.S.; Ernawati.; dan Zachrias A.H. (1992). Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Anam, R. S. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Nyata, Virtual, dan Gabungan dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri terhadap Pencapaian Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan
Baser, M. dan Durmus, S. (2010). “The Effectiveness of Computer Supported Versus Real Laboratory Inquiry Learning Environments on the Understanding of Direct Curren Electricity among Pre-Service Elementary School Teachers”. Eurasia Journal Of Mathematics, Science and technology Education. 6, (1): 47-61.
Depdiknas. (2008) Strategi pembelajaran MIPA. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.
Druxes, H. (1986). Kompendium Didaktik Fisika. Bandung: Remadja Karya.
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hake, R. R. 1998. Interactive Engagement Methods In Introductory Mechanics Courses. Departement of Physics, Indiana University, Bloomingtoon. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/IEM-2b.pdf. [7 Desember 2007]
Ismail, A. (2011). Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis), Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep, Multimedia Dan Pokok Bahasan Fluida. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Mulyani, A. (2009). Pembelajaran Sistem Saraf Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Generik Sains, Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis pada SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Panggabean, L. P. (1996). Penelitian Pendidikan. Bandung: Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA UPI.
Rustaman, N. Y., Dirdjosoemarto, S., Yudianto. A. S., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintawati, D., Nurjhani, M. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang : UM Press.
Saepuzaman, D. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Kombinasi Eksperimen Nyata-Virtual Pada Materi Rangkaian Listrik Arus Searah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma. Tesis pada SPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Rosda
Triona, L. M & Klahr, D. (2007). “Point and Click or Grab and Heft: Comparing the Influence of Physical and Virtual Instructional Materials on Elementary School Students’ Ability to Design Experiments”. Cognition and Instruction, 21, (2), 149–173.
Widodo, A. dan Ramdaningsih, V. (2006). “Analisis Kegiatan Praktikum Dengan Menggunakan Video”, dalam Jurnal Metalogika: Bidang Kependidikan MIPA.
Winataputra, U.S. (1992). Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Depdikbud.
Wuryastuti, Sri. (2008). “Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Jurnal, Pendidikan Dasar, 9.
Zacharia, Z. C. and Anderson, O. R. (2003). “The effects of an interactive computer-based simulations prior to performing a laboratory inquiry-based experiments on students’ conceptual understanding of physics”. American Journal of Physics, 71, (6), 618 – 629.