IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Rifa Agriyana


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i1.1023

Abstract


Kemampuan pemahaman IPA bagi siswa sekolah dasar merupakan modal utama sebagai tahapan awal dalam menguasai materi sains yang akan dipelajari disekolah pada jenjang lebih tinggi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir siswa dalam memahami materi Pelajaran IPA, guru yang hanya menggunakan model mengajar secara Konvensional, sehingga menjadikan siswa hanya menghafal bukan memahami informasi materi pelajaran.Peneliti menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai alternatif untuk meningkatkan  kemampuan pemahaman IPA siswa sekolah. Peneliti menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen. Pengumpulan sampel Secara purposive masing-masing terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui bantuan program SPSS Versi 20  for windows yaitu rata-rata untuk nilai hasil pre-test siswa kelas eksperimen diperoleh sebesar 40,62 dan hasil post-test kelas eksperimen sebesar 74,25. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan nilai signifikansi sebesar 0,00  yang berarti kurang dari 0,05 maka H0 ditolak, ditarik kesimpulan bahwa nilai post-test  kelas eksperimen(Eksp) dan kontrol(Kntr) memiliki perbedaan nilai rata-rata yang signifikan. Artinya pembelajaran dengan menggunakan model CTL memiliki peningkatan hasil post-test siswa yang signifikan.Model CTL ini dapat menjadi salahsatu solusi alternatif bagi para guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman IPA siswa Sekolah Dasar.


Article Metrics :

References


Glynn, S.M., &Winter, L.K. (2004). Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary Schools.Journal of elementary secience education.16 (2)

Hwang, G.J., Chiu, L.Y., & Chen, C.H. (2015).A contextual game-based learning approach to improving students' inquiry-based learning performance in social studies courses.Journal computer and education. (81) DOIhttp://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2014.09.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Martono, B (2016). Upaya Peningkangkatan Minat Dan Prestasi Belajar Melalui Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Ipa Materi Pokok Bagian Tumbuhan Siswa Kelas Dua SD Negeri Sidamulya Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Tahun 2014/2015.Jurnal Edisi Khusus Academy Of Education Journal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.1 (5)

Milner, A.R., Templin, M.A., & Czerniak, M.C. (2011).Elementary Science Students’ Motivation and Learning Strategy Use: Constructivist classroom contextual factors in a life science laboratory and a traditional classroom.Journal Science Teacher education. (22) DOI 10.1007/s10972-010-9200-5

Sugiyono. (2010). Statiskika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryawati, E., Osman, K., & Meerah T.S.M. (2010). The effectiveness of RANGKA contextual teaching and learning student problem solving skills and scientific attitude. Social and behavioral science. (9) doi:10.1016/j.sbspro.2010.12.389

Wisudawati, E.S. (2013). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.