PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI KONSEP CAHAYA

Ghani Fauzi


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i1.1022

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPApada materi
konsep cahaya dengan menggunakan model experiential learning dan respon siswa terhadap model experiential
learning. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cibiru 08 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dengan
subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain model John Elliot. Penelitian ini
dilaksanakan dengan tiga siklus, yang terdiri dari tiga tindakan pada setiap siklusnya. Pada penelitian ini
menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar evaluasi, lembar angket dan dokumentasi
foto. Data penelitian yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, kuantitatif, dan triangulasi. Berdasarkan hasil
yang diperoleh selama melaksanakan penelitian tindakan kelas telah dideskripsikan dan dianalisis sehingga
dapat ditarik kesimpulan bahwa model experiential learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini
ditunjukan dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 61,02,
siklus II sebesar 67,51, dan pada siklus III sebesar 76,82. Respon siswa terhadap model experiential learning
pada pembelajaran IPA pada materi konsep cahaya pun sangat tinggi dan positif. Maka, peneliti menganjurkan
penerapan model experiential learning sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan
hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran IPA.

Article Metrics :

References


Cahyani, I. Pembelajaran menulis

berbasis karakter dengan pendekatan

experiential learning. Bandung, Program

Studi PendidikanDasar SPS UPI: 2012

Dobos, A. Experiential learning for

professional depelovment in the civil

service. Procedia-Social and

BehaviourScience, 116 (2014), hlm. 5895-

Munif, I. R. S. & Mosik. Penerapan

metode experiential learning pada

pembelajaran ipa untuk meningkatkan

hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal

Pendidikan FisikaIndonesia, 5 (2009),

hlm. 79-82

Rustaman, N, dkk. Materi dan

pembelajaran IPA di SD.

Banten,Universitas Terbuka: 2014

Salavastru, D (2014). Experiential learning

and the pedagogy of interrogation in the

education of adults. Procedia-Social and

Behavioral Science, 142 (2014), hlm. 548-

Siregar, E. & Nara, H. Teori belajar dan

pembelajaran. Bogor, GhaliaIndonesia:

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan

(pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan

R&D). Bandung, Alfabeta: 2014

Suyono. & Hariyanto. Belajar dan

pembelajaran teori dan konsep dasar.

Bandung, Remaja

Rosdakarya: 2014