PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATERI KONSEP CAHAYA
Abstract
konsep cahaya dengan menggunakan model experiential learning dan respon siswa terhadap model experiential
learning. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cibiru 08 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dengan
subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain model John Elliot. Penelitian ini
dilaksanakan dengan tiga siklus, yang terdiri dari tiga tindakan pada setiap siklusnya. Pada penelitian ini
menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar evaluasi, lembar angket dan dokumentasi
foto. Data penelitian yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, kuantitatif, dan triangulasi. Berdasarkan hasil
yang diperoleh selama melaksanakan penelitian tindakan kelas telah dideskripsikan dan dianalisis sehingga
dapat ditarik kesimpulan bahwa model experiential learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini
ditunjukan dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 61,02,
siklus II sebesar 67,51, dan pada siklus III sebesar 76,82. Respon siswa terhadap model experiential learning
pada pembelajaran IPA pada materi konsep cahaya pun sangat tinggi dan positif. Maka, peneliti menganjurkan
penerapan model experiential learning sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan
hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran IPA.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Cahyani, I. Pembelajaran menulis
berbasis karakter dengan pendekatan
experiential learning. Bandung, Program
Studi PendidikanDasar SPS UPI: 2012
Dobos, A. Experiential learning for
professional depelovment in the civil
service. Procedia-Social and
BehaviourScience, 116 (2014), hlm. 5895-
Munif, I. R. S. & Mosik. Penerapan
metode experiential learning pada
pembelajaran ipa untuk meningkatkan
hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal
Pendidikan FisikaIndonesia, 5 (2009),
hlm. 79-82
Rustaman, N, dkk. Materi dan
pembelajaran IPA di SD.
Banten,Universitas Terbuka: 2014
Salavastru, D (2014). Experiential learning
and the pedagogy of interrogation in the
education of adults. Procedia-Social and
Behavioral Science, 142 (2014), hlm. 548-
Siregar, E. & Nara, H. Teori belajar dan
pembelajaran. Bogor, GhaliaIndonesia:
Sugiyono. Metode penelitian pendidikan
(pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan
R&D). Bandung, Alfabeta: 2014
Suyono. & Hariyanto. Belajar dan
pembelajaran teori dan konsep dasar.
Bandung, Remaja
Rosdakarya: 2014