EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODEL TGT DENGAN ASESMEN DINAMIS BERBANTUAN GAME INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran teams Games Tournament (TGT) dengan asesmen dinamis berbantuan game interaktif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMA Negeri 4 Semarang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desian penelitian yang digunakan adalah posttest-only design group. Sedangakn, populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Dalam mengambil sampel, penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Instrumen utama dalam penelitian ini berupa tes yang dirancang untuk mengatur kemampuan pemecahan masalah matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes kepada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Seluruh data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 25.0 dan Microsoft Excel. Prosedur analisis mencakup uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan individual dan klasikal, perbedaamdua rata-rata, serta uji proporsi dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Andari, R. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis game edukasi Kahoot! pada pembelajaran fisika. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu . Fisika, 6(1), 135-137. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069
Aprilia, A., & Faulina, R. (2023). Effectiveness of the Team Games Tournament model assisted by Photomath interactive learning media. Jurnal Amal Pendidikan, 5(1), 36–45. https://doi.org/10.36709/japend.v5i1.101
Azizi, Z, & Khafaga, A. F. (2023). Scaffolding via Group-dynamic Assessment to Positively Affect Motivation, Learning Anxiety, and Willingness to Communicate: A Case Study of High School Students. Journal of Psycholinguistic Research, 52, 831-851. https://doi.org/10.1007/s10936-023-09935-6
Fatmala, R., Sariningsih, R., & Zanthy, L. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII pada materi aritmetika sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 227-236. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.192
Goodarzi, A. & Namaziandost, E. (2025). A mixed-methods study on the effects of online dynamic assessment on L2 learners' motivation and speaking anxiety: Beyond the classroom perspectives. Computers in Human Behavior Reports, 17, 1-11. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2024.100584
Hamidah, A., Murdiyanto, T., & Hakim, L. E. Pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 7 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 61-70.
Hidayah, I. N., & Sari, S. M. (2020). Application of cooperative learning type teams games tournament (TGT) to increase the student’s activity. AIP Conference Proceedings, 2215. https://doi.org/10.1063/5.0000522
Handayani, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV MI The Noor. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2(2). https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna100
Lutfi, K. (2019). Pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan computer game terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada konsep teori kinetik gas. (Skripsi Sarjana, UIN Syarif Hidayatullah).
Manik, H., Sihite, A. C., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. (2022). Tantangan menjadi guru matematika dengan kurikulum merdeka belajar di masa pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328-332.
NCTM. (2000). Excecutive summary principles and standart for school mathematics. NCTM.
Nugraha, M. R., & Basuki. (2021). Kesulitan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP di Desa Mulyasari pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.898
Prayuda, J., Aprianti, F., & Jannah, W. N. (2024). Mengasah kemampuan kognitif siswa sekolah dasar dengan media board berbasis game Educaplay. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(4), 164-174. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i4.1982
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi & model pembelajaran. Pustaka Setia.
Puspasari, E. D., & Nurohmah, F. A. (2023). Implementasi model pembelajaran matematika kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 9 Surabaya. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 11(1), 36–43. https://doi.org/10.26740/jpm.v11n1.p36-43
Rahayu, R., Kartono, K., Dwijanto, D., & Agoestanto, A. (2022). The effectiveness of accelerated problem based learning with dynamic assessment in achieving problem-solving skills. Proceedings of the International Conference on Science, Education and Technology (ISET). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/ISET/article/download/1747/1233/4265
Rahma, R., & Nurhayati, N. (2021). Pengembangan media interaktif berbasis game edukasi pada pembelajaran matematika. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 2(1), 38–41. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/425
Rahman, A., & Kurniawan, D. (2022). Solving mathematical word problems using dynamic assessment for junior high school students. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(3), 1191–1197. https://ijere.iaescore.com/index.php/IJERE/article/view/22535
Rahmatussolihah, I. T., Wilisati, R. S., Putri, A. R. T., Dewi, E. C., Sadieda, L. U., & Rahayu, D. S. (2024). The effectiveness of TGT learning assisted by Wordwall media on student mathematics learning motivation. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(5), 571–579. https://iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/4821
Ramli, I. S. M., Maat, S. M., & Khalid, F. (2020). Game-Based Learning and Student Motivation in Mathematics. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 9(2). https://doi.org/10.6007/IJARPED/v9-i2/7487
Roorda, G., de Vries, S., & Smale-Jacobse, A. E. (2024). Using lesson study to help mathematics teachers enhance students’ problem-solving skills with teaching through problem solving. Frontiers in Education, 9, Article 1331674. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1331674
Saragih, E., & Wedyawati, N. (2019). Penerapan model pembelajaran TGT untuk peningkatan hasil belajar materi bilangan romawi siswa kelas IV sekolah dasar. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education. https://doi.org/10.38114/riemann.v1i1.10
Susanto, A., Setyaningrum, W., Camellia, F., Asriani, N. W. (2023). Tren Pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7545
Syaifuddin, T., Nurlela, L., & Prasetya, S. P. (2020). The Effect of Cooperative Learning Model Type Team Games Tournaments (TGT) and Learning Motivation on Student Learning Outcomes. Proceedings of the IJCAH. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.235
Triyani, R. (2023). Penggunaan game interaktif berbasis wordwall sebagai media pembelajaran matematika pada siswa SMP. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 40-49. https://doi.org/10.59108/ime.v1i1.24
Veloo, A., & Chairhany, S. (2013). Fostering Students’ Attitudes and Achievement in Probability Using Teams-games-tournaments. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 59-64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.152