SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: BAGAIMANA PEMBELAJARAN GEOMETRI 3D DENGAN BERBANTUAN GEOGEBRA

Asmarani Khoirunnisa
Devia Nur Oktaviani
Usman Aripin - [ https://orcid.org/0009-0006-8970-4590 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6059

Abstract


The rapid development of technology can support progress in the field of education, including in mathematics learning. Geogebra is one of the media that can be used in learning, especially in 3D geomtery learning. The purpose of this research with Systematic Literature Review is to provide a description and help solve deeper problems in students' computational abilities when using math software. Acquisition of data through Publish or Perish which contains a Google Scholar database that is reviewed from 200 articles related to 3D geometry learning published in the period 2020-2024 identified by SINTA that can be accessed and is not a foreign language and original research with a final usable 30 articles. The results showed information that learning by using Geogebra is very influential and effective, efficient, and significant so that there is an influence on improving student learning

Keywords


Geogebra; Geometri 3D; Mathematics Learning

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abdussakir. (2012). Pembelajaran geometri sesuai teori van hiele. Madrasah, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.18860/jt.v2i1.1832

Amaliah, R., Rahmawati, & Nasir, A. M. (2020). Pengaruh pembelajaran berbasis information and communication technology (ict) terhadap hasil belajar geometri peserta didik kelas x smk kebangsaan indonesia maros. Equals, 3(2), 101–112. https://doi.org/10.46918/equals.v3i2.758

Anhar, A., Brata, A. S., & Lestari, W. (2023). Penguatan pemahaman matematika dengan media Geogebra classroom materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas 8 smp/mts. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1251–1258. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1683

Arbain, Sirad, L. O., & Halidin. (2024). Efektivitas video pembelajaran berbasis Geogebra dalam kelas virtual terhadap pemahaman konsep bangun ruang. Mathema Journal, 6(1), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.2875

Ayu, G., Kriswandari, Robithoh, S., & Deswita, Y. (2024). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 737–749. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2533

Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan software Geogebra pada materi transformasi geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91

Fajriadi, D., Priyadi, R., & Rahayu, D. V. (2022). Pengembangan media pembelajaran Geogebra book materi dimensi tiga. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 453–466. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.8813

Fifi, N., MS.Kons, F., & Desyandri. (2022). Analisis media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Geogebra dalam menghitung volume balok di sekolah dasar. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 12(2), 94–101. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2537

Gusteti, M. U., Rahmalina, W., Azmi, K., Wulandari, S., Mulyati, A., Hayati, R., Wahyuni, Z., Alfath, M. R., & Azizah, N. (2023). Geogebra : transformasi teknologi yang menyulap pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 3695–3704. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4. 1866

Hurit, R. U., Kumanireng, L. B., Weking, A. N., & Watomakin, D. B. (2024). Penggunaan aplikasi Geogebra untuk meningkatkan motivasi pelajaran matematika pada materi geometri di smp satu atap riangpuho. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(2), 1693–1698. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.2672

Jaya, M. R., & Fitriani, N. (2022). Analisis minat belajar siswa smp di cimahi pada materi bangun ruang sisi datar dengan berbantuan software Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 869–876. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.869-876

Kadaryanti, A. E. (2023). Meningkatkan hasil belajar serta motivasi siswa kelas VIII smp pada materi kubus melalui pembelajaran berbantuan aplikasi Geogebra. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4952–4960. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2384

Kusria, J., & Deswita, H. (2020). Pengembangan video pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII sekolah menengah pertama. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 203–211. https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.497

Maulana, M., Zamnah, L. N., & Amam, A. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan kemampuan pemahaman matematis siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 1–8. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5203

Muliyana, D., Roza, Y., & Armis. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan powerpoint-Geogebra materi bangun ruang sisi datar kelas VIII smp/mts. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 459–471. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1038

Muzdalipah, I., Rustina, R., Patmawati, H., & Yulianto, E. (2023). Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan Geogebra pada materi segitiga dan segiempat. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 181–195. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.10090

Nasrulloh, M., & Sugandi, A. I. (2023). Pengembangan bahan ajar materi geometri dimensi tiga dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1747–1756. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.18051

Nasution, A. U., Syahputra, E., & Ahyaningsih, F. (2022). Pengembangan model pembelajaran berbasis matematika realistik berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp al azhar medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1623–1635. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1379

Ningsih, D. Y., Harun, L., & Nursyahidah, F. (2024). Desain pembelajaran jarak titik ke garis menggunakan pendekatan realistic mathematics education (rme) berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 15(1), 114–124. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.18633

Nur’aini, K. D., Untayana, J. R., & Putri, N. N. C. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra. Musamus Journal of Mathematics Education, 4(1), 54–62. https://doi.org/10.35724/mjme.v4i1.4020

Pasaribu, R. L., & Suratman, D. (2022). Kemampuan spasial mahasiswa menggunakan Geogebra pada irisan kerucut. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1551–1558. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1551-1558

Raharjo, S., Purmanna, A., Purbaningrum, K. A., Ramayanti, R., & Muhti, D. M. C. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis software Geogebra pada kubus untuk mengembangkan kemampuan spasial siswa. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 57–68. https://doi.org/10.36815/majamath.v6i1.2560

Ramadhan, S., Alzaber, Dahlia, A., & Qudsi, R. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model treffinger berbantuan aplikasi Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VII smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1083–1092. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1083-1092

Ribunu, A., Majid, Mohidin, A. D., & Oroh, F. A. (2023). Pengaruh media pembelajaran Geogebra terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII smp negeri 2 suwawa. INNOVATIVE: Journal Social Science ResearchJournal Of Social Science …, 3(5), 1866–1873. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5054

Rohmatunnisa, Z. J., Anita, I. W., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2022). Analisis motivasi belajar siswa smp kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar berbantuan Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1061–1070. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1061-1070

Rokhmawati, L. N., & Rahayu, D. V. (2023). Mengoptimalkan pemahaman konsep mtematis berbantuan video pembelajaran berbasis Geogebra pada materi jarak dalam ruang. JARME (Journal of Authentic Research on Mathematics Education), 5(1), 66–76. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jarme v5i1.6502

Salsabila, D. N., & Safira, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran menggunakan macromedia flash 8 berbantu Geogebra 3D grapics pada materi bangun ruang sisi datar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(2), 144–164. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i2.11465

Shaffitri, N., Siagian, T. A., Yensy, N. A., Utari, T., & Agustinsa, R. (2022). Efektivitas penggunaan lkpd discovery learning berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 351–361. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.351-361

Sirad, L. O., & Arbain. (2021). Pengembangan videopPembelajaran berbasis Geogebra materi bangun ruang sisi datar pada pembelajaran virtual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2436–2445. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4198

Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina. (2022). Implementasi Geogebra terhadap kemampuan matematis peserta didik dalam pembelajaran: a systematic literature review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 27–42. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5972

Tilari, A. G., Firmansyah, F. A., & Cipta, E. S. (2024). Pengaruh model project-based learning berbantuan Geogebra terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar di madrasah ibtidaiyah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 385–396. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.18105

Yuliani, R. E., Heru, & Sari, E. L. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Geogebra berbasis tpack terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang di sma negeri 19 palembang. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1), 12–17. https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.337