PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB UNTUK SMA ISLAM SUNAN GUNUNG JATI

nur fatimah
yandria elmasari


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jipi.v3i2.783

Abstract


Pendataan informasi pada umumnya dilakukan secara manual, namun hal tersebut memiliki kekurangan yaitu pengarsipan menjadi tidak tertata, berantakan, dan pencarian data yang membutuhkan banyak waktu. Begitu pula dengan manajemen perpustakaan di SMA Islam Sunan Gunung jati, pendataan masih manual sehingga sering terjadi banyak kesalahan. Untuk itu perlu adanya sistem informasi perpustakaan berbasis web dimana manajemen data akan lebih tertata dan sesuai dengan keinginan pengguna.

Metode penelitian yang digunakan adalah research and Development (R&D) dengan metode pengembangan Extreme Programming. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuisioner, wawancara, dan observasi. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui kebutuhan pengguna, angket kuisioner untuk menguji kelayakan aspek usability, sedangkan observasi untuk pengujian aspek performance efficiency.

Hasil penelitian ini adalah (1) sistem informasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan bahasa PHP dan database server MySQL. (2) Hasil pengujian terbukti bahwa tingkat kelayakan sistem informasi perpustakaan berbasis web dalam aspek usability kelompok kecil 84,22% dengan kriteria sangat layak dan kelompok besar 91,2% dengan kriteria sangat layak, serta aspek performance efficiency 98,64 dengan grade A.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

Abstract view : 106 times
PDF View : 51 times