PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA DAN PENGALAMAN PENGUNA PADA APLIKASI YADA

Rafiq Ezza Pratama
Eliyza Gustri Wahyuni


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.4742

Abstract


Disaat ini perkembangan teknologi dan informasi sudah sangat pesat, internet telah memberikan dampak positif dengan memudahkan akses ke berbagai informasi. YADA merupakan salah satu aplikasi e-commerce untuk bahan bangunan yang dimana pengguna dapat membeli berbagai alat konstruksi bangunan baik dari cat, papan, vinyl, plafon, keramik, kayu, paku, dan lainnya. Dengan adanya aplikasi YADA masyarakat dapat dengan mudah dalam memesan berbagai konstruksi bangunan dengan cepat. Aplikasi ini nantinya akan dibuat dalam bentuk aplikasi mobile sehingga dari itu dibutuhkan desain antarmuka aplikasi yang sesuai dengan tujuan perusahan dan kebutuhan pengguna. Tujuan utama dalam perancangan aplikasi mobile YADA adalah untuk menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna selama mereka menggunakan produk tersebut. Pengalaman ini mencakup desain tampilan antarmuka (User Interface) yang memainkan peran penting dalam hasil dan kenyamanan pengguna saat menggunakan aplikasi. Perancangan ini mengadopsi pendekatan design thinking, yang sebenarnya adalah pendekatan yang difokuskan pada memahami kebutuhan pengguna untuk mengatasi masalah dan menciptakan ide-ide inovatif. Dalam pendekatan design thinking ada lima tahap yang harus dilakukan yaitu empathy, define, ideate, prototype serta testing. Berdasarkan perancangan dan pengujian pada aplikasi mobile e-commerce YADA yang dilakukan dengan pendekatan design thinking, terbukti efektif dalam mengatasi masalah pengguna dengan solusi yang akurat dan cepat. Solusi-solusi ini kemudian diimplementasikan dalam pembuatan fitur-fitur aplikasi YADA. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode usability testing dengan System Usability Scale (SUS) menghasilkan nilai rata-rata 75. yang menunjukan bahwa perancangan aplikasi YADA telah mendapatkan penilaian “baik”, hal ini mencerminkan tingkat kegunaan yang tinggi dan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengguna.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


K. D. Wahyudi, L. A. Putra, M. R. Saputra, N. Akbar, S. Setyawan, and M. R. Pribadi, “Desain UI/UX Aplikasi HealMed Menggunakan Metode Design thinking,” Mdp Student Conf. 2022, pp. 267–272.

M. I. Fadhilah, I. Aknuranda, and B. S. Prakoso. (Oktober 2021). Perancangan User Experience Aplikasi Berbasis Mobile Pada Rindang Menggunakan Proses Design thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. vol. 5, no. 10, pp. 4428–4437, [Online]. Available: http://repository.ub.ac.id/184690/

C. M. Chandra, C. M. Putri, D. R. Theja, R. Umami, S. N. Hakim, and M. R. Pribadi, “PERANCANGAN UI/UX PADA APLIKASI V&F MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” MDP Student Conf. 2022, vol. 1, no. 1, pp. 361–368, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1782

S. Amalina, F. Wahid, V. Satriadi, F. S. Farhani, and N. Setiani. (Agustus 2017). Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design thinking. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi). Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., no. January, pp. 50–55, 2017, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/8457

I. Averushyd Juliansyah and I. V Paputungan. (Januari 2022). Perancangan User Experience Pada Website Penjualan Kerajinan Tangan Dengan Metodologi Design thinking. Automata, vol. 3, no. 1, pp. 4996–5004, 2022, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/21895

D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin. (Desember 2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.

W. Suprayogi Adhyaksa Pratama and A. Dwi Indriyanti. (Januari 2023). Perancangan Design UI/UX E-commerce TRINITY Berbasis Website Dengan Pendekatan Design thinking. J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 04, no. 01, pp. 50–61, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/51144

D. T. Widiatmoko and B. S. Utami. (Februari 2022). Perancangan UI/UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design thinking (Studi Kasus PT Selektani). Aiti, vol. 19, no. 1, pp. 120–136, 2022, doi: 10.24246/aiti.v19i1.120-136.

A. Wijaya et al., “Perancangan Ui / Ux Pada Aplikasi We-Care,” pp. 465–471, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1807

Interaction design foundation, “The Basics of User Experience Design BY INTERACTION DESIGN FOUNDATION,” Basics User Exp. Des., pp. 21–27, 2020, [Online]. Available: interaction-design.org

S. Gibbons, “Design thinking 101,” nngroup.com, 2016. https://www.nngroup.com/articles/design-thinking/

E. C. Shirvanadi. (Agustus 2021). Amikom Center Dengan Metode Design thinking ( Studi Kasus : Amikom Center ). Automata. Amikom, vol. 2, 2021, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19438

C. M. Chandra, C. M. Putri, D. R. Theja, R. Umami, S. N. Hakim, and M. R. Pribadi, “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Femine Menggunakan Metode Design thinking,” MDP Student Conf. 2022, vol. 1, no. 1, pp. 406–412, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1791

V. S. Souissay, R. I. Rokhmawati, and H. M. Az-Zahra. (April 2019). Perbaikan User Interface dan Analisis Perbandingan Hasil pada Website Lazada.co.id dengan menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) Questionnaire. J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 3, no. 4, pp. 3505–3512, 2019, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4958

I. A. H.N, P. I. Nugroho, and R. Ferdiana. (Juni 2015). Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale. J. IPTEKKOM J. Ilmu Pengetah. Teknol. Inf., vol. 17, no. 1, p. 31, 2015, doi: 10.33164/iptekkom.17.1.2015.31-38.

A. Putri and A. I. Dwi. (Mei 022). Evaluasi Usability Aplikasi BTN Mobile dengan Metode User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation. Jeisbi, vol. 03, no. 02, pp. 49–59, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/46226

B. Pudjoatmodjo and R. Wijaya, “Tes Kegunaan (Usabilty Testing) Pada Aplikasi Kepegawaian Dengan Menggunakan System Usabilty Scale (Studi Kasus : Dinas Pertanian Kabupaten Bandung),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 2, no. 4, pp. 37–42, 2016, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1302