KEPUASAN PENGGUNA CBT PADA USP MENGGUNAKAN METODE EUCS DI SMKN 8 PALEMBANG

Gian Amos Gabit Tambunan
Maria Ulfa


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.4656

Abstract


SMK Negeri 8 Palembang melakukan penerapan sistem penilaian online meminimalkan terjadinya kesalahan selama ujian dan mengurangi kemungkinan ketidakjujuran yang dilakukan oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kepuasan siswa dengan penerapan Sistem Tes Berbasis Komputer dengan menggunakan Metode Education Unit Exam Satisfaction (EUSC) di SMK Negeri 8 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa SMK Negeri 8 Palembang yang mengikuti Ujian Satuan Pendidikan (USP) yang berjumlah 381 siswa. Ukuran sampel 195 siswa diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel indikator EUCS berhubungan dengan kepuasan pengguna, dibuktikan dengan nilai Fcalculate sebesar 102,877 > Ftable 2,42. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa semua variabel secara kolektif memiliki dampak positif terhadap kepuasan pengguna. Tingkat kepuasan siswa SMK Negeri 8 Palembang yang mengikuti Ujian Satuan Pendidikan (USP) sebesar 73,1%, yang ditunjukkan dengan nilai R-Square. Hal ini menunjukkan bahwa siswa cukup puas dengan penggunaan Sistem Tes Berbasis Komputer di SMK Negeri 8 Palembang.

Keywords


CBT; EUCS; Satisfaction

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


R. Agustina and L. A. Abdillah, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” BDCCS2021, vol. 3, no. 4, pp. 692–701, 2021.

M. A. Yazid, S. H. Wijoyo, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analysis),” J-PTIIK, vol. 3, no. 9, pp. 8496–8505, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

R. D. Utami, “Aplikasi Computer-Based Test Ujian pada SMP Negeri 6 Cimahi,” JATI, vol. 9, no. 2, pp. 151–160, 2019, doi: 10.34010/jati.v9i2.2234.

L. U. Dewi, D. Irwandi, and E. S. Bahriah, “Pengaruh Media Penilaian Formatif Online Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur,” JRPK, vol. 11, no. 1, pp. 19–26, 2021, doi: 10.21009/jrpk.111.04.

M. S. Muarie and F. Nopriani, “Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning (Uin Raden Fatah Palembang),” JUSIM, vol. 5, no. 01, pp. 79–86, 2020, doi: 10.32767/jusim.v5i01.756.

R. R. C. Putra and T. Sugihartono, “Penerapan Algoritma Fisher-Yates Shuffle pada Computer Based Test Ujian Sekolah di SMKN 1 Payung,” MATRIK, vol. 18, no. 2, pp. 276–283, 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.399.

S. Sugiyono, S. Sutarman, and T. Rochmadi, “School Level Computer Based Test (CBT) System Development,” Indones. J. Bus. Intell., vol. 2, no. 1, p. 1, 2019.

B. P. Oktavia, S. B. Wibowo, and E. Astuti, “Efektivitas Implementasi Cbt Pada Siswa Akuntansi Di Smkn A Madiun,” JAK, vol. 7, no. 2, pp. 1–9, 2020, doi: 10.30656/jak.v7i1.1723.

R. Afriansyah and M. S. Pratama, “Implementasi Sistem Ujian Berbasis Komputer Di SMP Negeri 1 Sungailiat,” KACANEGARA, vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.28989/kacanegara.v3i2.681.

L. Wati, K. Kasmawi, and S. Mawarni, “Implementasi Computer Based Test (CBT) Di Sekolah Menengah Kejuruan,” Batoboh, vol. 3, no. 1, p. 83, 2018, doi: 10.26887/bt.v3i1.491.

M. A. Sugandi and R. M. N. Halim, “Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma,” SISTEMASI, vol. 9, no. 1, pp. 143–154, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i1.625.

E. Daniati, H. Octaria, M. Rinaldi Amartha, and R. Aprianto, “Evaluasi Penerapan SIMRS Dengan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) Di Instalasi Rekam Medis RSUD Petala Bumi Provinsi Riau Tahun 2021,” CEEJ, vol. 3, no. 2, pp. 207–212, 2022, doi: 10.37385/ceej.v3i2.866.

D. Novita and F. Helena, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS),” Jtsi, vol. 2, no. 1, pp. 22–37, 2021.

I. Irumas and J. N. Utamajaya, “Penerapan Metode EUCS Untuk Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi PNM Digi Karyawan,” JOSYC, vol. 03, no. 03, pp. 15–23, 2022, doi: 10.47065/josyc.v4i1.2492.

A. S. Damayanti, Y. T. Mursityo, and A. D. Herlambang, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction),” JUST-IT, vol. 2, no. 11, pp. 4833–4839, 2018.

N. Dwiwisna and S. O. Kunang, “Penggunaan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) Untuk Menganalisa Tingkat Kepuasan Pengguna Google Classroom Dalam Implementasi Belajar Online (Studi Kasus Sma Negeri 19 Palembang),” BDCCS, vol. 4, no. 1, pp. 142–150, 2022.

A. R. Darwi and Efrizon, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Sebagai Pendukung Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Metode Eucs,” Voteteknika, vol. 7, no. 1, p. 25, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i1.103639.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2018.

T. W. Andika, I. Irsyadunas, and A. Y. Pernanda, “Analisis Eucs Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Voting Bem Universitas Pgri Sumatera Barat,” PeTeKa, vol. 6, no. 1, pp. 34–38, 2023.

D. A. I. Hapsari, D. Darmansah, and H. W. Utomo, “Analisis User Satisfaction Terhadap Sistem Informasi Website PKL Fakultas Informatika Menggunakan Metode EUCS,” Ris. Komput., vol. 9, no. 4, p. 952, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4674.