Pengaruh Metode Computer Science Unplugged dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo

Erlyna Mardiany
Mustaji Mustaji
Retno Danu Rusmawati


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.4353

Abstract


Berpikir komputasional dibutuhkan sebagai salah satu solusi untuk melatih kemampuan memecahkan masalah yang kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil assesmen awal, siswa kelas VII SMP Negeri 3 Waru Sidoarjo tahun ajaran 2022-2023 belum mengenal konsep berpikir komputasional. Siswa juga memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Sehingga perlu dilakukan penelitian guna mengkaji tentang (1) pengaruh metode pembelajaran Computer Science Unplugged dengan metode pembelajaran Computer Science Plugged terhadap kemampuan berpikir komputasioal siswa; (2) pengaruh gaya belajar siswa yang berbeda terhadap kemampuan berpikir komputasional; (3) interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir komputasional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi experiment menggunakan sampel 72 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Waru. Uji hipotesis menggunakan Two Way Anova dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  1) Terdapat perbedaan pengaruh metode pembelajaran Computer Science Unplugged (CSU) dan metode pembelajaran Computer Science Plugged (CSP) terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa; 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir komputasional siswa kelas VII yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik; 3) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran Computer Science Unplugged dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa. Metode pembelajaran dan gaya belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir komputasional. Rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen pada kelompok gaya belajar visual dan kinestetik lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan rata-rata nilai siswa kelompok gaya belajar auditori pada kelas kontrol lebih tinggi daripada kelas eksperimen.

Keywords


Metode Pembelajaran; Computer Science Unplugged; Computer Science Plugged; Gaya Belajar; Berpikir Komputasional

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


I. Yuliana et al., “Computational Thinking Lesson in Improving Digital Literacy for Rural Area Children via CS Unplugged,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1720, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1720/1/012009.

I. Wisnubhadra et al., Buku Panduan Guru Informatika untuk SMP Kelas VII, 1st ed. Jakarta: Pusat Kurikulum dan perbukuan Kemenristek, 2021.

J. M. Wing, “Computational thinking’s influence on research and education for all Influenza del pensiero computazionale nella ricerca e nell’educazione per tutti,” Ital. J. Educ. Technol., vol. 25, no. 2, pp. 7–14, 2017, doi: 10.17471/2499-4324/922.

F. Kalelioǧlu and Y. Gülbahar, “The effects of teaching programming via Scratch on problem solving skills: A discussion from learners’ perspective,” Informatics Educ., vol. 13, no. 1, pp. 33–50, 2014, doi: 10.15388/infedu.2014.03.

B. DePorter and M. Reardon, Quantum Learning: Membiasakan Belajar, Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning, 2013.

T. Bell, J. Alexander, I. Freeman, and M. Grimley, “Computer Science Unplugged: School Students Doing Real Computing Without Computers,” J. Appl. Comput. Inf. Technol., vol. 13, no. 1, pp. 20–29, 2009.

D. Oktavia, “Pengembangan Kemampuan Berpikir Komputasi Melalui Kombinasi Game-Play (Bermain Game) Dan Game-Design (Mendesain Game),” 2022, Accessed: Dec. 08, 2022. [Online]. Available: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/95074/Pengembangan-Kemampuan-Berpikir-Komputasi-Melalui-Kombinasi-Game-Play-Bermain-Game-Dan-Game-Designmendesain-Game

Wahyudin, Amellya Mustikaningtyas Rishanty, and Muhammad Nursalman, “Pengaruh Pembelajaran Melalui Unplugged Berbasis Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi,” PINTER J. Pendidik. Tek. Inform. dan Komput., vol. 5, no. 2, pp. 1–7, 2021, doi: 10.21009/pinter.5.2.1.

W. Creswell, John, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

I. M. L. Mertha Jaya, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Kedua. Quadrant, 2021.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2019.

M. R. Kamil, “Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Matemnatika, vol. 12, no. 2, pp. 259–270, 2021.

G. Città et al., “The effects of mental rotation on computational thinking,” Comput. Educ., vol. 141, no. May, pp. 0–10, 2019, doi: 10.1016/j.compedu.2019.103613.

S. M. Mukaromah, N. C. Wibowo, P. M. Kusumantara, A. B. Putra, E. D. Wahyuni, and A. A. Arifiyanti, “Penerapan Pembelajaran Dasar Pemrograman Komputer menggunakan kegiatan Plugged dan Unplugged,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 113–119, 2021, doi: 10.24002/konstelasi.v1i1.4299.

A. D. Herlambang, D. A. Sasmita, and S. H. Wijoyo, “Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis,” Edutic - Sci. J. Informatics Educ., vol. 7, no. 2, 2021, doi: 10.21107/edutic.v7i2.8583.

M. I. Khoirunnisa, Korelasi Antara Gaya Belajar (Visual, Auditory, Kinesthetic) Dengan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V DI Madrasah Ibtidaiyah. 2022. Accessed: Dec. 08, 2022. [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19420

B. M. Buana, “Penerapan Unplugged Computer Science Berbasis Etnopedagogi Sebagai Alternatif Pengajaran Pada Mata Pelajaran Algoritma Pemrograman Dasar (Studi Kasus: SMK Tribakti Pangalengan),” Univ. Pendidik. Indones., 2018.

Mutoharoh, A. Hufad, M. Faturrohman, and I. Rusdiyani, “Unplugged Coding Activities for Early Childhood Problem-Solving Skills,” JPUD - J. Pendidik. Usia Dini, vol. 15, no. 1, pp. 121–140, 2021, doi: 10.21009/jpud.151.07.

L. Evasufi, Sarwanto, and Chumdari, “The effect of problem-based learning multimedia and picture media on students’ critical-thinking skills viewed from learning motivation and learning styles in elementary school,” Elem. Educ. Online, vol. 19, no. 3, pp. 1797–1811, 2020, doi: 10.17051/ilkonline.2020.735165.