SIMULASI PENENTUAN GURU BERPRESTASI DENGAN METODE FUZZY LOGIC MAMDANI INFERENCE MENGGUNAKAN APLIKASI MATLAB

Pio Arfianova Fitrizky Islami, Kirya Mateeke Moses, Muqodimah Nur Lestari, Aji Prasetya Wibawa

Abstract


Dalam proses pembelajaran, guru memiliki peranan yang cukup penting karena seorang guru dituntuk mengelola ataupun mengatur agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Pemilihan guru berprestasi dimaksudkan antara lain untuk mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru, yang diharapkan akan berpengaruh positif pada peningkatan kinerja. Peningkatan kinerja tersebut dapat terlihat dari lulusan satuan pendidikan sebagai SDM yang berkualitas, produktif, dan kompetitif. Untuk membantu menentukan guru berprestasi dapat ditawarkan solusi berupa pembangunan sistem terkomputerisasi dengan kemampuan Aritficial Intellegence (AI) untuk mengoptimalkan sistem tersebut. Pengembangan yang akan dilakukan adalah pembuatan sistem penentuan guru berprestasi menggunakan logika fuzzy metode mamdani. Diharapkan pengembangan ini dapat berdampak pada kemudahan dalam menentukan guru berprestasi pada sekolah.Variabel yang digunakan pada sistem ini adalah performa guru, hasil kerja kreatif dan inovatif, dan pembimbingan siswa. Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah: (1) Menentukan kategori guru berprestasi pada SMK dengan menerapan logika fuzzy dengan metode mamdani; (2) Menghasilkan program mathlab yang dikembangkan dengan metode mamdani untuk menentukan guru berprestasi pada SMK.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika (JIPI)
Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru
Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229
Telepon:(0355) 321426
E-mail:jipi@stkippgritulungagung.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.