Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membangun Karakter Siswa Sebagai Bentuk Implementasi Dari Revolusi Mental Pada Siswa Kelas X Di SMAN 1 Pakel

Siwi Krisno Putri

Abstract


Pendidikan Karakter adalah pendidikan yang menitik beratkan kepada perubahan atau peningkatan sikap dan mental siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Ekstrakurikuler yang dapat dikembangkan sebagai sarana untuk membangun karakter tersebut adalah ekstrakurikuler yang bersifat pembinaan karakter sikap dan mental. Kegiatan pramuka tidaklah asing bagi warga Negara Indonesia, terutama bagi mereka yang berada di lingkungan pendidikan. Pengimplementasian gerakan revolusi mental dengan pendidikan yang berbasis karakter hal pertama yang dilakukan dilakukan dalam dunia pendidikan yakni hal pertama yang perlu direvolusi atau dirubah yakni dari pendidik atau tenaga kependidikannya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v4i1.997

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jr.v4i1.997.g492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rontal and Author



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.