Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia Di Kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Boyolangu

Endro Santoso


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v4i1.993

Abstract


Tujuan penelitian  ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil/prestasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SMA Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung di kelas XI MIPA-1 Tahun Pelajaran 2017-2018. Dilaksanakan dalam kurun waktu lebih kurang 3 (tiga) bulan mulai Januari 2018 sampai dengan pertengahan Maret 2018.  Subyek penelitianya adalah guru dan  siswa sejumlah 44 siswa terdiri  dari 17 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Selama proses pembelajaran berlangsung aktivitas siswa cukup baik/tinggi.  Peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran tersebut diikuti dengan peningkatan hasil/prestasi belajar siswa. Dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) = 70 data awal sebelum  dilaksanakan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran snowball throwing  menunjukkan bahwa prestasi rata-rata siswa 74,17. Dari 44 siswa kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Boyolangu sebanyak 32 (72,73%) siswa tuntas dan  12 (27,27%)  harus mengikuti remidi. Prestasi yang dicapai siswa pada evaluasi siklus I diperoleh data  sebanyak 36 siswa = 81,82 % siswa tuntas dan  8 siswa = 18,18 % belum tuntas (remidi) dengan rata-rata nilai siswa 78,27.  Pada siklus II sebanyak 41 siswa = 93,18 % tuntas , dan yang belum tuntas (remidi)  sebanyak 3 orang = 6,81 %,dengan rata-rata nilai siswa 80,57. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam pembelajaran Pendidikan  Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Boyolangu Tahun pelajaran 2017-2018 dapat meningkatkan aktivitas  dan  hasil/prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia

Full Text:

PDF

Article Metrics :