Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017

Lutfi Maylia Suryani


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v3i2.990

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik di SMP Negeri 1 Boyolangu, mengetahui prestasi belajar di SMP Negeri 1 Boyolangu, mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dalam mngembangkan bahan ajar terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Boyolangu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian berjumlah 70 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode angket berupa skala likert. Analisa data penelitian ini menggunakan teknik analisis uji validitas dan reliabilitas. Dengan bantuan Microsoft excel for windows. Berdasarkan hasil penelitian. didapatkan hasil dari uji validitas dan reliabilitas diketahui N=70 maka, menunjukkan besamya nilai rhitung = 0,894 sedangkan rtabel = 0,235 dengan taraf signifikan α = 5%, maka hasil ini diketahui rhitung yaitu sebesar 0,894 lebih besar dari rtabel yaitu 0,235 dalam taraf signifikansi 5% (0,894>0,235). Dari hasil pengaruh kompetensi pedagogik dalam mengembangkan bahan ajar dalam mempengaruhi prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKN kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu memiliki kategori yang cukup sebesar 79,20% dan lebihnya 20,80% dipengaruhi oleh faktor lain di luar kompetensi pedagogik, maka hasil ini menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan kompetensi pedagogik dalam mengembangkan bahan ajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKN kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu

Full Text:

PDF

Article Metrics :