Implementasi Ekstrakurikuler Musik Sebagai Sarana Pendidikan Karakter (Kreatif) Siswa Di SMAN 1 Tulungagung

Rohman Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan dan cara yang dilakukan guru atau pembimbing dalam kegiatan ektrakurikuler musik untuk meningkatkan karakter (kreatif) anggota ekstrakurikuler musik. Penelitian ini mencakup kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler musik di SMAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengambilan datanya menggunakan cara observasi dan wawancara untuk menggali informasi dari guru dan pembimbing serta anggota ekstrakurikuler musik. Dari hasil yang di dapatkan diketahui proses implementasi ekstrakurikuler musik dapat membangun karakter (kreatif) peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dan sumber ilmu bagi ekstrakurikuler lain dan juga bisa digunakan sebagai sumber ilmu untuk mengetahui proses implementasi ektrakurikuler musik sebagai sarana pendidikan karakter (kreatif).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v3i2.989

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jr.v3i2.989.g484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rontal and Author



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.