Efektifitas Metode Pendekatan Sosiologi Personal Dalam Meminimalisasi Terhadap Kenakalan Remaja (Studi Di SMP Negeri 1 Boyolangu)

Ivan Tamayao

Abstract


Paradigma kenakalan remaja lebih luas cakupannya dan lebih dalam bobot isinya, kenakalan remaja meliputi perbuatan-perbuatan yang sering menimbulkan keresahan di lingkungan masyarakat. Hal ini tidak terjadi di lingkungan masyarakat saja melainkan juga di lingkungan sekolah, contoh sederhana dalam hal ini antara lain perkelahian di kalangan antar perserta didik (siswa) yang kerap berkembang menjadi perkelahian antar sekolah. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan bentuk-bentuk penerapan metode pendekatan personal sosiologi di SMPN 1 BOYOLANGU dan Menjelaskan efektifitas metode pendekatan personal sosiologi dalam meminimalisasi tingkat kenakalan remaja di SMPN 1 BOYOLANGU. Metode yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari rancangan penelitian, kehadiran peneliti . Lokasi penelitian. Tahapan penelitian : pra penelitian, tahap penelitian, penulisan laporan. Data dan sumber data : primer yaitu guru-guru,  sekunder yaitu dokumentasi, serta arsip-arsip. Teknik pengumpulan data : observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data. Pemeriksaan keabsahan temuan, pemeriksaan teman sejawat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan : metode berupa pendekatan sosiologi personal dapat memberikan pengaruh besar kepada siswa yang sering melakukan pelanggaran untuk membantu guru lebih dekat kepada siswa, sehingga siswa mudah di berikan nasehat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v3i2.988

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jr.v3i2.988.g483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rontal and Author



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.