Peran Guru dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Revolusi Mental berbasis Nilai Kearifan Lokal Pesantren pada Siswa SMAI Sunan Gunung Jati Kabupaten Tulungagung

Dwi Agustina Rahayu

Abstract


Adanya pengaruh globalisasi yang telah menimbulkan dampak yang cukup pelik bagi generasi bangsa, degradasi moral yang kian tak terbendung dikalangan remaja. Perbaikan sikap sangat dibutuhkan, paling utama dunia pendidikan yang menjadi garda terdepan. Dengan gerakan revolusi mental yang dijalankan sekarang menjadi perbaikan karakter bangsa. Berdasarkan analisa observasi yang telah di lakuakn pada dunia pendidikan yang berbasis pesantren ternyata sudah menerapkan nilai revolusi mental; nilai integritas, etos keja  dan gotong royong. Didukung dengan nilai kearifan lokal pesantren yang dikenal dengan panca jiwa pondok yaitu ; nilai keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah islamiyah, dan kebebasan. Selain itu peran guru disekolah sangat penting, dengan memiliki konsep dan strategi yang diimplementasikan guru yang nantinya akan ditiru oleh siswa. Sehingga bisa dikatakan dunia pendidikan berbasis pesantren ini telah menerapkan nilai revolusi mental sejak dulu.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v3i1.978

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jr.v3i1.978.g473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rontal and Author



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.