IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA (STUDI KASUS DI SMKN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG)

Siti Nur Rohmah

Abstract


Dalam pembelajara yang dilakukan di SMK sudah seharusnya memasukkan materi tentang pendidikan karakter, pada dasarnya pendidikan karakter yang dilakukan di SMK menyangkut hal-hal Mempromosikan nilai-nilai etika inti. Mengajarkansiswa untuk memahami, peduli, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai etika inti ini. Hambatan yang terdapat dalam observasi awal adalah terdapat Kritisnya karakter siswa SMKN 1 Rejotangan Tulungagung sehingga dapat dijadikan landasan bagi peneliti untuk dapat mengetahui lebih dalam pendidikan karakter yang diberikan oleh guru, dalam melakukan penilaian terkendala dengan banyak siswa yang mulai terlihat memudar dalam sopan santun, kurang disiplin dalam menaati peraturan. Fokus dari penelitian ini adalah: Bagaimana proses pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung? Bagaimana cara mengimplementasikan pendidikan karakter pada siswa di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung? Apa saja hambatan dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah: Mendiskripsikan proses pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung Menggambarkan cara mengimplementasikan pendidikan karakter pada siswa di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung. Mengetahui hambatan dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, menyatakan bahwa penelitian deskriptif merupakan data yang berkenaan dengan fakta, keadaan, variabel dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung dan menyajikan apa adanya. Dalam penelitian ini yang diamati adalah kegiatan siswa dan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter terhadap siswa kelas X SMK Negeri 1 Rejotangan Tulungagung tahun pembelajaran 2015/2016, khususnya yang dilakukan oleh guru PPKN. Proses pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan pendidikan karakterpada siswa, cara mengimplementasikan pendidikan karakter pada siswa di SMKN 1 RejotanganTulungagung dengan menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para siswa dalam kegiatan pembelajaran baik yang menyangkut kearah religius maupun sosial. Hambatan dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa di SMKN 1 Rejotangan Kritisnya karakter siswa SMKN 1 Rejotangan Tulungagung adalah memudar dalam sopan santun, kurang disiplin dalam menaati peraturan yang diberlakukan oleh sekolah dan terkikisnya semangat kebersamaan karena siswa lebih aktif dengan alat komunikasinya sehingga mempengaruhi siswa yang lain untuk melakukan hal yang sama. Secara teoritis manfaat yang dapat diambil dalam hasil penelitian ini adalah dalam pelaksanaan pendidikan sudah menjadi keharusan untuk dapat memberikan serta memperkuat pendidikan karakter terhadap siswa agar dalam kesehariannya tidak terjadi kemerosotan moral dan hanya fokus pada hasil secara akademik. Meningkatkan materi pendidikan karakter memberikan kemungkinan siswa akan memiliki prestasi yang tidak hanya prestasi akademik juga memiliki perilaku yang baik dalam kehidupan di lingkungan sekolah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v2i2.874

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jr.v2i2.874.g381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rontal and Author



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.