PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENGGOLONGAN TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS III SEMESTER I SD NEGERI DOMASAN KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

SUYONO SUYONO HADI

Abstract


Pembelajaran IPA sekolah dasar selama ini masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang relevan. Hanya mengacu pada hafalan dan mengerjakan lembar kerja siswa saja. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA tergolong rendah. Oleh karena itu, sangat perlu untuk dilakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pembelajaran IPA adalah metode pembelajaran jingsaw. Tujuan dilaksanakannya penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi penggolongan tumbuhanpada siswa kelas III semester I SD Negeri Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/ 2015.Penelitian tindakan ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa siklus pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III semester I yang berjumlah 20 siswa. pelaksanaan penelitian tindakan ini pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/ 2015.Berdasarkan hasil penelitian selama 2 siklus pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III semester I SD Negeri Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Peningkatan tersebut terjadi pada setiap siklus pembelajaran yang dilakukan baik untuk nilai rata- rata ataupun tingkat ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata- rata 73, dan tingkat ketuntasan belajar 70%. Hasil ini kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus II yaitu  nilai rata- rata 80 dengan tingkat ketuntasan belajar 85%. Bertumpu pada kesimpulan diatas disampaikan saran agar guru terus mengembangkan dan menginovasi model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal.




DOI: https://doi.org/10.29100/ppkn.v1i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal RONTAL



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.