PENERAPAN SUPERVISI PENDIDIKAN MENINGKATKAN KINERJA GURU KELAS V MENERAPKAN MODEL BELAJAR PROBLEM SOLVING PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA DI 7 SD BINAAN UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN 2014/2015 SEMESTER II

Dra Datiriningsih M.Pd

Abstract


ABSTRAK

 

 

Dra. Datiriningsih, M.Pd. Penerapan Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kinerja Guru kelas V Menerapkan Model Belajar problem Slving Pada Bidang Studi matematika Di 7 SD Binaan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Boyolangu Tulungagung Tahun 2014/2015 Semester II

 

Kata kunci: Supervisi Akademik, Matematika, pendekatan  Konstruktivisme.

 

Wilayah kecamatan Boyolangu merupakan salah satu barometer pendidikan di kabupaten Tulungagung.nyak sekolah berprestasi mulai dari pendidikan sekolah dasar hingga menengah berada di lokasi ini. Untuk  itu guru dipacu untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerjanya. Supervisor sebagai pengawas utama, pengontrol utama mempunyai andil yang besar dalam menjaga dan meningkatkan kinerja guru di wilayah Boyolangu. Supervisor atau pengawas sekolah memiliki peran yang signifikan dan strategis dalam proses dan hasil pendidikan yang bermutu di sekolah.

Dari uraian pada latar belakang masalah di atas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut “Bagaimana peningkatan kinerja guru di 7 SD Binaan Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung dengan dierapkannya supervisi pendidikan oleh supervisor sekolah?

Dari rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru di 7 SD Binaan Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung dengan dierapkannya supervisi pendidikan oleh supervisor sekolah

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di sekolah binaan peneliti sebagai supervisor sekolah, yaitu di 7 SD di Kecamatan BoyolanguKabupaten Tulungagung. Sedangkan subyek penelitian adalah 1 orang guru kelas V dari masing-masing sekolah, sehingga jumlahnya sebanyak 7 orang.

Sesudah memperhatikan yang dilakukan oleh supervisor sekolah untuk membina dan memotivasi guru dalam menerapkan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran Matematika dan peningkatan prestasi siswa, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa peranan tugas supervisor sekolah dalam membina dan memotivasi guru, mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menerapkan Pembelajaran dengan Pendekatan konstruktivisme.

Dari hipotesis yang menyatakan :“Jika supervisor mampu membimbing dan melatih guru untuk menerapkan problem solving melalui kegiatan supervisi pendidikan maka prestasi belajar siswa kelas V pada bidang studi Matematika di 7 SD Binaan Kecamatan Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015Semester II akan mengalami peningkatanâ€, adalah benar dan dapat diterima.



DOI: https://doi.org/10.29100/ppkn.v1i1.40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal RONTAL



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.