PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn MATERI POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA YANG BEBAS DAN AKTIF MENGGUNAKAN METODE BRAIN STORMING BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SEMESTER II SD NEGERI 07 NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

Sri Ngatin


DOI: https://doi.org/10.29100/ppkn.v2i2.340

Abstract


Perolehan nilai beberapa materi pelajaran masih ada yang belum memenuhi standar, khususnya untuk mata pelajaran PKn. Berdasarkan pengalaman peneliti hal ini disebabkan oleh, teknik mengajar yang masih relatif monoton. Sejauh ini pembelajaran PKn di kelas mayoritas masih dilaksanakan dengan metode ceramah. Hal ini tidak menutup kemungkinan menyebabkan interaksi belajar mengajar yang  lebih melemahkan motivasi belajar siswa. Hal yang sama juga terjadi pada siswa kelas VI Semester II SD Negeri 07 Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/ 2015 dimana ketika dilakukan evaluasi terhadap pembelajaran PKn, sebagian besar siswanya mendapat nilai dibawah KKM. Apabila keadaan ini terus dibiarkan memungkinkan hasil belajar siswa akan semakin buruk. Oleh sebab itu perlu adanya inovasi terhadap metode pembelajaran yang dilakukan guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah menggunakan metode pembelajaran kontekstual brain storming. Berdasarkan pembahasan dan analisis terhadap hasil penelitian tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kontekstual brain storming dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI Semester II SD Negeri 07 Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Peningkatan ini dapat dilihat dari terus meningkatnya hasil belajar yang diperoleh siswa baik nilai rata- rata dan tingkat ketuntasan belajar siswa. Bertumpu pada kesimpulan tersebut, peneliti menyampaikan saran agar Guru dalam pembelajaran hendaknya lebih banyak menggunakan strategi pembelajaran sehingga siswa tidak akan mudah jenuh dan bosan selama mengikuti proses belajar mengajar yang dilakukan dan pada akhirnya hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara optimal.

Article Metrics :