EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn PADA SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

Fandy Adpen Lavietamzi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis Pendidikan yang memiliki peran penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu sektor pendidikan terus menerus mengalami pembaharuan ke arah yang lebih baik seiring dengan perkembangan jaman. Pada hakekatnya tujuan peningkatan mutu pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, dalam hal ini kunci dan tolak ukur yang utama adalah keberhasilan peserta didik. Kepala sekolah, guru, konselor, dan sebagainya lebih berperan sebagai fasilitator. Oleh karena itu kemampuan guru dan fasilitator lain dalam menyiapkan siswa agar berprestasi sangatlah penting, seperti memilih model pembelajaran dan memanfaatkan media pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yang bertujuan menjelaskan. Tehnik pengumpulan data menggunakan dua cara, yaitu daftar pertanyaan (questioner) untuk mengumpulkan data tentang efektifitas penggunaan media pembelajaran dan model pembelajaran jigsaw serta dokumentasi untuk mengumpulkan data prestasi belajar siswa dengan sumber dokumentasi sekolah, diambil dari rapor. Data yang terkumpul lalu dianalisis secara parsial dengan melihat sumbangan efektif masing-masing variabel bebas terhadap variabel tergantung dengan persamaan regresi serta analisis Linier berganda untuk mengetahui efektifitas keseluruhan variabel bebas terhadap variabel terikat, dengan bantuan komputer progam SPSS. Secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, ada pengaruh yang signifikan  penggunaan model pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran dan model pembelajaran jigsaw secara bersama-sama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Kalidawir.



DOI: https://doi.org/10.29100/ppkn.v2i1.333

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/ppkn.v2i1.333.g185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 RONTAL: Jurnal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.