PENINGKATAN PEMAHAMAN PKn KD BUDAYA DAERAH INDONESIA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERPIKIR-BERPASANGAN-BEREMPAT SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN I PODOREJO SUMBERGEMPOL TAHUN 2014/2015

Siti Ropiah


DOI: https://doi.org/10.29100/ppkn.v2i1.331

Abstract


Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan pembelajaran dengan metode kooperatif teknik berpikir-berpasangan-berempat dapat meningkatkan pemahaman PKn indikator budaya daerah Indonesia siswa kelas IV SD Negeri I Podorejo, Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini dilaksanakan dengn tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman PKn indikator budaya daerah Indonesia setelah diterapkan pembelajaran dengan metode kooperatif teknik berpikir-berpasangan-berempat pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Lokasi penelitian ini di SDN I Podorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Adapun obyek penelitiannya adalah peningkatan kemampuan memahami PKn kompetensi dasar budaya daerah Indonesia siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Podorejo Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan tes. Dari hasil tersebut diperoleh nilai ketuntasan tes awal 59,26 %, tes siklus I 70,37 %, dan tes Siklus II 92,59 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik berpikir-berpasangan-berempat dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PKn indikator budaya daerah Indonesia bagi siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Podorejo Kec. Sumbergempol Kab. Tulungagung

Article Metrics :