EFEK MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI: STRATEGI, BUDAYA, DAN KINERJA

AHMAD IZZUL ITO'


DOI: https://doi.org/10.29100/ppkn.v2i1.323

Abstract


Institusi pendidikan tinggi sebagai salah satu wahana dan media yang dapat dijadikan sebagai strategi pembangunan dan pengembangan pendidikan karakter bagi mahasiswa, agar menjadi mahasiswa yang memiliki etika dan moral akademik dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur pancasila. Upaya yang dapat dilakukan institusi pendidikan tinggi dengan cara mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam mata kuliah. Pengintegrasian pendidikan karakter sebagaimana dimaksud mulai dari penyusunan profil dan capaian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan sampai tahapan evaluasi hasil belajar yang memberikan kesimbangan pada tiga domain pendidikan yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Selain mengintegrasiakan pendidikan karakter pada  mata kuliah, dosen sebagai pengendali pembelajaran dapat melakukan dengan memberikan keteladan nilai karakter akademik dalam bentuk sikap dan perilaku disiplin dalam menegakkan norma, kritis dan kreatif dalam bentindak, rasional dalam berpikir, jujur dalam tutur kata, bertanggung jawab dalam mengemban kewajiban serta sikap anti plagiat dalam penyelesaian karya ilmiah. Bagaimana pembentukan karakter mahasiswa yang beretika dan bermoral akademis. Bagaimana proses integrasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstra mahasiswa yang dilaksanakan di luar kelas. Apa tindakan best practice institusi untuk menjalankan program integratif didalam kampus dengan luar kampus. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Tujuan penelian ini memberikan konsep dan strategi tentang pengembangan pendidikan karakter pada institusi pendidikan tinggi, dan diharapkan memberikan manfaat kepada pelaksana akademik dalam mendesain pendidikan karakter bagi mahasiswa.

Article Metrics :