Pengaruh Game Online Terhadap Civic Disposition Mahasiswa

Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien, Lodovikus Boman Wadu, Elnast Agatha Yadha Atawuwur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari bermain game online terhadap civic disposition mahasiswa. Penelitian ini ialah penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan korelasional . Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang yang terdiri dari mahasiswa yang tergolong aktif dan sedang dalam hal bermain game online yang berjumlah ± 300 mahasiswa serta sampel dalam penelitian ini diambil secara random dari 14 program studi dengan jumlah keseluruhan sampel ialah 207 sampel. Teknik sampling yang digunakan ialah teknik simpel random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas serta uji F . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bermain game online dapat memberikan pengaruh baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif yang dilihat dari hasil uji F. Dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari bermain game online terhadap civic disposition Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang. Adanya pengaruh tersebut dibuktikan dengan data hasil uji F yakni pengambilan keputusan berdasarkan  dan  diperoleh hasil  >  atau 182,031 > 6,76 serta hasil pengambilan keputusan berdasarkan nilai signifikan diperoleh hasil sig 0,000 < 0,05. Bermain game online dapat memberikan pengaruh baik itu positif maupun negatif bergantung pada gamer. Apabila gamer bermain game online dengan intensitas yang tinggi serta tanpa kontrol maka dapat memberikan pengaruh negatif begitu pun sebaliknya.

 


References


Haqq, T. A. (2016). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Terhadap Agresivitas Remaja Awal Di Warnet Malang. Malang.

Jenab, & Hudaya, A. (2015). Pengaruh Adiktif Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Cileungsi. Research and Development Journal Of Education, 2(1), 41–52.

Kalidjernih, F. (2010). Kamus Studi Kewarganegaraan Perspektif Sosiologikal Dan Politikal. Bandung: Widya Aksara Press.

Kurniawan, D. E. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 98. Retrieved from http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/download/1120/1071

Liu, C. C., & Chang, I. C. (2016). Model of online game addiction: The role of computer-mediated communication motives. Telematics and Informatics, 33(4), 904–915. https://doi.org/10.1016/j.tele.2016.02.002

Malahayati, D. (2012). Hubungan Kebiasaan Bermain Video Game Dengan Tingkat Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah, 66(1), 66.

Malatuny dan Rahmat. (2017). Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 6(1).

Santoso dan Purnomo. (2017). Hubungan Kecanduan Game Online Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Remaja. Humaniora, 4(1), 27–44.

Setiawan, A. (2013). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(4), 1245–1253.

Ulfa, M. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja di Mabes Game Center Jalan HR.Subrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru. Jom . Fisip, 4(Pengaruh Kecanduan Game Online), 1–13. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/119938-ID-pengaruh-kecanduan-game-online-terhadap.pdf




DOI: https://doi.org/10.29100/a

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/g

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rontal and Author



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.