Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Konten Sebagai Konsep Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Pada Tingkat SMP/Sederajat Di Era Digital
Abstract
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Agung, Leo. (2001). Character Education Integration in Social Studies Learning. Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah Historia, Volume 12 No. 2.
Amir, Saripudin. (2013). Pancasila As Integration Philosophy of Education And National Character. International Journal of Scientific & Technology Research, Volume 2 Issue 1.
Biesta, G. (2012). Mixed methods. In J. Arthur, Research methods and methodologies in education. SAGE Publication.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, L. (2007). Research methods in education (7th edition). Routledge.
Creswell, J. (2017). Research design, qualitative, quantitative and mixed methods approaches. London: Sage Publication.
Dharma, S., & Siregar, R. (2014). Internalisasi Karakter melalui Model Project Citizen pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 132-137.
Ivankova, N. V., Creswell, J. W., & Stick, S. L. (2006). Using mixed-methods sequential explanatory design: from theory to practice. Field Methods, 18(1), 3-20.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2003). Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
______________________________________ (2018). Peraturan Menteri No. 20 tahun 2018, tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.
Lazzavietamsi, F. (2020). Pesantren as Heart Knowledge Management. https://doi.org/10.4108/eai.13-2-2019.2286526
Mertens, D. M. (2014). Research and evaluation in education and psychology: Integrating diversity with quantitative, qualitative, and mixed methods. SAGE Publications.
Mujis, D. (2010). Doing quantitative research in education with SPSS. SAGE Publications.
Rohana, Etep (2018). Character Education Relation with Spiritual Intelligence in Islamic Education Perspective. Internasional Journal of Nusantara Islam, Vol. 6, No. 2.
Sabarudin. (2015). Model Pembelajaran "Web Based Education" Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Gantung. Khazanah Pendidikan, 8(2).
Santoso, Ridwan & Adha, M. Mona (2013). Inovasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungansosial Dan Budaya. jurnal LPPM Unila.
Sudrajat, Ajat (2016). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter Universitas Negeri Yogyakarta
Suganti, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(2), 255-262.
Sulasmono, B. S., & Dwikurnaningsih, Y. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Adaptif, Kooperartif, Aktif dan Reflektif (Pakar). Satya Widya, 28(1), 93-110.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018, tentang Penguatan Pendidikan Karakter ada Satuan Pendidikan Formal
Prasetiyo, W. H. (2018). Peningkatan Civic Skills Dan Civic Empathy Mahasiswa Melalui Citizen Journalism Project. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 220-230.
Winataputera, Udin S (2001), Jati diri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Demokrasi, Bandung, Program Pascasarjana UPI (Disertasi)
___________________(2012), Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Konteks Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Bandung.
__________________ (2016), Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Ppkn) Dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Mural Kemasyarakatan, Vol. 1, No. 1
https://www.beritasatu.com/nasional/657937/kualitas-pendidikan-masih-rendah-pakar- pemerintah-harus-fokus-perbaiki-mutu-guru