Proses Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Sistem E-Learning di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala

Mega Hardyanti, Ruslan ruslan, Maimun maimun

Abstract


Penelitian ini membahas tentang: Proses Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Sistem E-Learning Studi Kasus Di FKIP Unsyiah. Penelitian ini dilatarbelakangi, dimana pembelajaran dengan sistem e-learning ini telah digunakan oleh dosen atau pendidik dalam proses belajar mengajar, kebutuhan bagi siaktivitas akademika yaitu salah atunya sistem e-learning, baik pendidik, peserta didik ataupun lembaga institusi pendidikan juga memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar karena sistem e-learning ini sangat memudahkan dalam proses belajar mengajar karena tidak dibatasi oleh waktu dan tempat. Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan pembelajaran  dengan sistem e-learning (2) untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan pembelajaran e-learning di FKIP Unsyiah (3) untuk mengetahui langkah-langkah yang ditempuh dalam mengoptimalkan proses pelaksanaan pembelajaran melalui sistem e-learning. Pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian deskriptif. cara pengumpulan data berupa wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif yang terdiri dari penyajian data reduksi data, serta menarik kesimpulan. Dan jumlah subjeknya sebanyak empat belas informan terdiri dari enam informan dosen, enam informan mahasiswa, satu informan LP3M dan satu informan UPT. TIK Unsyiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses Pembelajaran denagn sistem e-learning yang digunakan dosen FKIP Unsyiah adalah model blended learning yaitu pencampuran pembelajaran antara e-learnng, distance learmimg dan tradisional learning atau secara langsung (face to face) (2) Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran dengan sistem e-learning yaitu jaringan, biaya, penguasaan komputer, waktu, dan fasilitas hardware dan software  dan (3) Dalam langkah yang ditempuh mengoptimalkan pelaksanaan proses pembelajaran melalui sistem e-learning di FKIP Unsyiah yaitu tahap tahap awal e-learning dengan cara merancang penerapan sistem e-learning oleh LP3M, tahap kedua penyiapan SDMnya yaitu dosen dan tenaga pendidikan yang mendukung sistem e-learning (UPT TIK). langkah ketiga LP3M dan UPT TIK mengadakan pelatihan atau membuat pertemuan dengan dosen-dosen dalam bentuk workshop yang biasanya disebut dengan hibah e-learning



DOI: https://doi.org/10.29100/a

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/g

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rontal and Author



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.