MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN DISIPLIN SISWA DI MA TERPADU AL ANWAR DURENAN TRENGGALEK

Muhammad Irwawan Siswantoro, Didik Sukriono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: model kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam pembentukan disiplin siswa di MA Terpadu Al Anwar Durenan Trenggalek. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman yaitu analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: model kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam pembentukan disiplin siswa di MA Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek yaitu melalui kegiatan keseharian siswa dengan adanya muhafadhoh yaitu kegiatan yang berkaitan dengan ilmu nahwu sorof dan memahami isi kitab sekitar 1000 baris kegiatan ini nantinya diharapkan ketika para siswa lulus mampu memahami arti dari hadis dan juga kitab supaya tidak ngawur dalam megartikannya.




DOI: https://doi.org/10.29100/a

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/g

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rontal and Author



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.