MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN MELALUI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBASIS MEDIA PUZZLE
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran quantum learning berbasis media puzzle. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan 4-D. Tahapan pada metode pengembangan 4-D meliputi: define, design, develop, dan disseminate. Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Media Puzzle memiliki beberapa langkah yaitu: menumbuhkan minat, mengalami proses pembelajaran, menemukan konsep, mendemonstrasikan hasil kerja, mengulas kembali materi, merayakan keberhasilan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test adalah 68 meningkat menjadi 78,6 pada post-test. Jadi pengembangan model pembelajaran Quantum Learning Berbasis Media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar PPKn. Inovasi pada pembelajaran mampu menciptakan proses pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.