Korelasi Antara IQ dan EQ dengan Prestasi Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Salatiga Semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada/tidak adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Pangudi Luhur Salatiga semseter 1 tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dari 42% populasi keseluruhan peserta didik kelas VIII SMP Pangudi Luhur, yaitu sebanyak 16 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan self-report test, TIKI-D, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistika parametris dengan teknik korelasi ganda. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar peserta didik adalah sebesar 0,522 dengan Sig. F 0,127 > 0,05. Berdasarkan hasil uji tersebut H0 diterima dan Ha ditolak yaitu tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PPKn
Kata kunci: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v6i1.1550
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/jr.v6i1.1550.g699
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rontal and Author
RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.