Hubungan Komunikasi Interpersonal Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Pakel Tahun Pelajaran 2014/2015

Ferina Kikih Rahayu

Abstract


Ferina Kikih Rahayu. 2015, Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar PKN Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pakel Tahun Pelajaran 2014/2015.


Kata Kunci:Komunikasi interpersonal dengan teman sebaya, Prestasi Belajar PKn

        Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan dengan adanya pendidikan manusia mampu bertahan hidup.Pendidikan di sekolah yang baik tercermin dari prestasi belajar.Prestasi belajar dipengaruhi oleh factor eksternal salah satunya yang dominan adalah komunikasi interpersonal dengan teman sebaya. Siswa usia remaja sangat tergantung dengan teman sebaya maka dari pada itu peneliti tertarik untuk meneliti masalah ini.Tujuan penelitiam ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal teman sebaya dengan prestasi belajar PKn siswa kelas XI IPS SMA N 1 Pakel Tahun pelajaran 2014/2015.

       Metode pengambilan data utama yang digunakan adalah metode tes dan angket. Variabel penelitian ada dua macam yaitu komunikasi interpersonal dengan teman sebaya (X) dan variabel  prestasi belajarPKn (Y). Data penelitian yang diperoleh berupa skor komunikasi interpersonal dengan teman sebaya (X) dan skor prestasi belajarPKn (Y).selanjutnya untuk  mengetahui hubungan antara variabel komunikasi interpersonal dengan teman sebaya (X) dengan variabel prestasi belajar PKn (Y) digunakan teknik analisis statistik dengan rumus korelasi product moment dengan bantuan Microsoft excel dan SPSS 16 for Windows.  

       Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan nilai r hitung (rH) dengan r tabel (rt) dan dengan membandingkan p value.  Jika nilai r hitung (rH) lebih besar daripada r tabel (rt) maka hipotesis (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data melalui rumus korelasi  product  moment   diperoleh nilai r hitung  sebesar = 0,876 ,  Nilai ini lebih besar daripada r tabel (rt) 1%sebesar 0,422 dan Ts 5% = 0,344, atau dapat dirumuskan rH= 0,876> rt = 0,304.  Dengan demikian hipotesis penelitian ini diterima, yang berarti Ada  hubungan  yang  positif dan signifikan  antara   komunikasi interpersonal dengan teman sebaya dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1Pakel tahun pelajaran 2014/2015.

       Kesimpulan dari penelitian ini yaitu “ada hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal teman sebaya dengan prestasi belajar PKn kelas XI IPS SMA N 1 Pakel tahun pelajaran 2014/2015 diterima.Dari hasil analisis data dapat di interpretasikan bahwa semakin tinggi komunikasi interpersonal teman sebaya kelas XI IPS SMA N 1 Pakel tahun pelajaran 2014/2015 maka prestasi belajar PKn semakin tinggi pula, begitu pula sebaliknya.

       Saran yang diajukan yaitu: 1.Bagi sekolah Dengan hasil penelitian ini sekolah, hendaknya memfasilitasi dan memberi contoh yang positif mengenai tata cara berkomunikasi interpersonal yang baik, sehingga iklim belajar menjadi nyaman dan prestasi belajar  PKn peserta didik menjadi baik pula. 2. Bagi guru Guru hendaknya lebih memperhatikan pola-pola komunikasi yang terjadi di kalangan peserta didik sehingga guru dapat berperan serta dalam penciptaan keharmonisan antara peserta didik sehingga prestasi belajar peserta didik baik. 3. Bagi siswa Dengan mengetahui hasil penelitian siswa diharapkan mampu memilih komunikasi secara efektif dengan teman sebayanya sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. 4. Bagi pembaca Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran bagi pembaca dan menambah ilmu pengetahuan. 5. Bagi peneliti Penelitian ini dijadikan sebagai pengalaman yang sangat berharga bagi perkembangan ilmu dan pengetahuan peneliti 6. Bagi perkembangan penelitian prodi PKn Penelitian ini dapat digunakan sebagai pijakan baru dalam perkembangan penelitian berikutnya sehingga khasanah ilmu PKn semakin bertambah.




DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v1i1.1037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rontal and Author



RONTAL (Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN 2613-9820 (Online) | 2477-0523 (Print)
Published by STKIP PGRI Tulungagung
Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/index
Email : jurnalrontal@gmail.com  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.