PENERAPAN METODE PROJECT CITIZEN DAN DICOVERY DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Indria - Tamalia
Abdullah Amirudin
Azzahra Kesuma Dewi
Ihsaan Solaahuddin
Sari Meli Andira


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1033

Abstract


ABSTRAK

 

Pembelajaran PKn oleh tenaga pendidik dirasa kurang efektif dan menarik dalam proses belajar mengajar. Karena banyak siswa yang berpendapat bahwa guru atau tenaga pendidik dalam mengajarkan materi PKn terkesan monoton dan juga hanya sekedar menulis, menjelaskan atau mencata materi dan juga mengerjakan lks sehingga dalam hal ini pengajar justru leboh aktif dibandingkan dengan muridnya padahal seharusnya siswa dituntuk lebih lagi untuk berpartisipasi aktiv dalam proses belajar. Oleh karena itu haruslah ada metode yang efektif serta inovatif yang diperlukan para pengajar agar siswa atau peserta didik memilki minat yang tinggi dalam belajar PKn. Dalam hal ini kelompok kami meneliti tentang metode yang tepat dalam proses pembelajaran PKn. Ada dua metode yang kita terapkan yaitu metode Project Citizen dan metode Discovery. Metode project citizen sendiri yaitu metode dimana siswa dituntut untuk berperan aktif dalam menghadapi masalah-masalah yang ada dalam lingkungan masyarakat agar dapat mengasah kecerdasan intelektual siswa agar dapat memilki sikap yang demokratis dan bertanggung jawab. Selain itu juga terdapat metode discovery dimana dalam metode ini menekankan pada proses belajar dan mengajar guru memperkenanankan siswa-siswanya menemukan sendiri informasi yang secara mandiri  dan bukan lagi seorang guru yang hanya mendongen atau aktif.

Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan dan MetodePembelajarannya

Article Metrics :