NFLUENCE OF COOPERATIVE LEARNING MODE TYPE COURSE REVIEW HORAY AN STUDENT LEARNING OUTCOMES OF GRADE IV ELEMENTARY SCHOOL IN SD NEGERI GUGUS IV SUMBERGEMPOL DISTRICT TULUNGAGUNG REGENCY TEACHING YEAR 2017/2018

Offianda Lorenza Helen
Rahyu Setiani


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v4i02.1387

Abstract


Proses pembelajaran yang biasa dilaksanakan masih menggunakan pembelajaran konvensional dan aktivitas siswa dalam pembelajaran masih sangat minim bahkan siswa hanya cenderung diam dan mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru mereka. Dalam hal ini siswa tidak berperan sebagai subyek belajar yang aktif dan kreatif melainkan sebagai objek pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Experimentaldengan desain Nonequivalent Control Group Design.Data hasil belajar dianalisis dengan dan uji t dengan bantuan SPSS 24.0. Dari hasil analisis data menunjukkan besar thitungsebesar 9,275 > ttabel pada df = 40 dengan taraf signifikasi 5% diperoleh sebesar 2,022 yang berarti H0ditolak dan Haditerima. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan “terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA materi energi alternatif dan penggunaannya pada siswa kelas IV di SD Negeri Gugus IV Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2017/2018.Kata kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA, Model Pembelajaran Course Review Horay

Article Metrics :