PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM DIDUKUNG MODEL TALKING STICKTERHADAP HASIL BELAJAR SISWADALAM PEMBELAJARAN TEMATIK STUDI PADA SISWAKELASV DI SDN 1 MOYOKETEN KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Nurul Azizah
Aldila Wanda Nugraha


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v4i02.1386

Abstract


Berdasarkanhasil observasi peneliti di SDN 1 Moyoketen terhadap hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran tematik menunjukkan bahwa nilai siswa belum mencapainilai KKM. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah guru cenderung menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran, sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran.Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan strategi pembelajaran PAIKEM didukung model talking stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PAIKEM didukung model talking stickterhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik.Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi experimental design. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VA sebagai kelaskontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar diperoleh menggunakan tes subyektif berupa tes uraian. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t (independent samples test) untuk menjawab hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yaitu 5,932 > 2,0211 dan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu0,000 < 0,05 dengan demikianditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran PAIKEM didukung model talking stickterhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V di SDN 1 Moyoketen.Kata Kunci:hasil belajar, talking stick, strategi PAIKEM.

Article Metrics :