PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KAPULOG (KESETARAAN NILAI PECAHAN UANG LOGAM) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SDN 1 KEPUH KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

Nike Kristi Puspitasari
Asri Kusumaning Ratri


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v4i02.1385

Abstract


Penguasaan terhadap kesetaraan nilai pecahan uang logam adalah penting, agar peserta didik mampu menentukan kesetaraan nilai uang logam dengan berbagai satuan lainnya serta mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan uang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maka diperlukan upaya dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar.Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menjelaskan langkah-langkah pengembangan media Papan Kapulog (Kesetaraan Nilai Pecahan Uang Logam) pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN 1 Kepuh Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, (2) Menjelaskan kualitas produk media Papan Kapulog (Kesetaraan Nilai Pecahan Uang Logam) pada mata pelajaran matematika kelas III di SDN 1 Kepuh Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Reserch And Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti model pengembangan Borg & Gall. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media papan kapulog pada materi kesetaraan nilai pecahan uang logam untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. (2) Penilaian dari ahli materi setelah dilakukan revisi memperoleh presentase kevalidan/kelayakan mencapai 75%. Penilaian dari ahli media setelah dilakukan revisi memperoleh presentase kevalidan/kelayakan mencapai 97,5%. Tanggapan penilaian dari guru matematika kelas III SDN 1 Kepuh Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung memperoleh presentase kevalidan/kelayakan mencapai 95%. Tanggapan penilaian dari uji lapangan memperoleh presentase kevalidan/kelayakan mencapai 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa media papan kapulog ini efektif digunakan dalam pembelajaran. Guru hendaknya membekali dirinya lebih baik lagi dalam memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran agar suasana belajar lebih menyenangkan tanpa mengurangi materi pelajaran yang sedang disampaikan.Kata Kunci: Media Papan Kapulog, Matematika

Article Metrics :