NALISIS PENTINGNYA KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN 1 MOYOKETEN KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Mei Agustina Sintawati
Nourma Oktaviarini


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v4i02.1384

Abstract


Guru dituntutuntuk menguasai berbagai kompetensi dalam menjalankan tugas menjadi pendidik yang baik. Lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menanamkan pendidikan karakter melalui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) kompetensi sosial guru di SDN 1 Moyoketen (2) pendidikan karakter di SDN 1 Moyoketen (3) kompetensi sosial guru terhadap pendidikan karakter di SDN 1 Moyoketen. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulandatamenggunakanangket,wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru kelas III SDN 1 Moyoketen termasuk sangat baik dengan hasil angket yang menunjukkan prosentase sebesar 89.17%. Nilai pendidikan karakter siswa termasuk sangat baik dengan hasil angket yang menunjukkan prosentase sebesar 87.92%. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi sosial guru kelas III SDN 1 Moyoketen sangat baik, pendidikan karakter siswa kelas III SDN 1 Moyoketen sangat baik, dan kompetensi sosial guru sangat penting dalam pembentukan nilai pendidikan karakter siswa.Kata Kunci: Guru, Siswa, Kompetensi Sosial, Pendidikan Karakter

Article Metrics :