ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWAKELAS V SDN 1 BOLOREJO KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNGTAHUN PELAJARAN 2017/2018

Lintang Permata
Wisda Miftakhul’Ulum


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v4i02.1383

Abstract


Kreativitas berperan penting dalam pemecahan masalah matematika di kehidupan sehari-hari. Tingkat kreativitas dalam menyelesaikan soal matematika dipengaruhi oleh karakteristik siswa, salah satunya yaitu gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kreativitas siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal matematika kelas V SDN 1 Bolorejo (2) kreativitas siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal matematika kelas V SDN 1 Bolorejo (3) kreativitas siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal matematika kelas V SDN 1 Bolorejo. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitianini menunjukan (1) siswa yang mempunyai gaya belajar visual tergolong siswa yang kreatif karena memenuhi dua komponen kreativitas yaitu kefasihan dan fleksibilitas (2) siswa yang mempunyai gaya belajar auditorial tergolong siswa yang cukup kreatif karenamemenuhi komponen kreativitas yaitu fleksibilitas (3) siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik tergolong siswa yang kurang kreatif karena memenuhi komponen kreativitas yaitu kefasihan (4) gender cenderung tidak mempengaruhi kreativitas siswa SD dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari gaya belajar siswa (5) terdapat pola hubungan yang linear antara bimbingan belajar dan tingkat kreativitas siswa SD dalam menyelesaikan soal matematikaKata kunci:Kreativitas; Soal Matematika; Gaya Belajar

Article Metrics :