PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCHTERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN NGEPEH KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Fera Rahayu Azizah
Frita Devi Asriyanti


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v4i02.1382

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPS, salah satunya adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi-materi yang diajarkan guru disebabkan oleh kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan karena bosan dengan model pembelajaran yang monoton atau masih cenderung bersifat konvensional. Selain itu penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran IPS sering kali terlalu dominan, menjadikan siswa kurang aktif terlibat dalam pembelajaransehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah’’Apakah strategi index card macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas V SDN Ngepeh Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung”.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran. Wawancara digunakan untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran dengan strategi pembelajaran index card match. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran index card match.Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan strategi pembelajaran strategi index card matchdapatmeningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPSdengan hasil: a) skor rata-rata hasil peningkatan belajar IPS siswa pada siklus I dari tes akhir siklus I sebesar 74,68 meningkat menjadi sebesar 83,27 pada tesakhir siklus II. Prosentase ketuntasan meningkat yaitu dari siklus I sebesar 45,45% meningkat menjadi sebesar 90,90% pada siklus II. Dengan demikian pada siklus II telah mencapai target kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 75% dan penggunaan pembelajaran strategi index card match berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS.Kata Kunci: Strategi Index Card Match, Hasil Belajar

Article Metrics :