PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR MATERI MENDISKRIPSIKAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI PADA PEMBELAJARAN IPA (Studi Pada Siswa Kelas III Di SDN 1-2 Tunggulsari Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018)

Dwi Bima Septian
Aldila Wanda Nugraha


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v4i02.1379

Abstract


Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada 02 Februari 2018 di SDN 1-2 Tunggulsari terdapat pernyataan dari siswa kelas III bahwa dalam kegiatan pembelajaran IPAguru hanya menjelaskan materi dengan ceramah dan memberi latihan soal. mengakibatkan kejenuhan terhadap siswa pada proses pembelajaran. Oleh karena itu dengan adanya perubahan yang dilakukan dengan mengembangkan suatu media pembelajaran diharapkan siswa akan tertarik dengan pelajaran yang ada dikelas dan menumbuhkan minat siswa untuk ikut serta kedalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kelayakan Media Pop Up Book, untuk mengetahui hasil dan minat belajar siswa serta respon peserta didik terhadap pengembangan Media Pop Up Book jika digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian dilakukan di SDN 1-2 Tunggulsari dengan subjek penelitian siswa kelas III sejumlah 20 siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan dilakukan beberapa tahap, yakni studi pendahuluan, studi pengembangan media, dan evaluasi produk.Hasil penelitian dan pengembangan media Pop Up Book di SDN 1-2 Tunggulsari dapat diketahui bahwa kelayakan media yang dikembangkan termasuk dalam kategori Sangat Baik dari ahli materi, ahli media, Guru Kelas III, uji pelaksanaan lapangan dan respon siswa. Nilai hasil belajar dan minat belajar siswa pada pengembangan Media Pop Up Book keseluruhan meningkat

Article Metrics :