Meningkatkan Citra Kampus Melalui Kualitas Layanan, Fasilitas Pendukung Pembelajaran, Kompetensi Dosen dan Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Mahasiswa STKIP PGRI Tulungagung)

Bayu Cahyo Adi, M.Pd.
Muhammad Yusuf Zamzami
Fuat Kurniawan


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v3i1.590

Abstract


Disparitas pertumbuhan jumlah mahasiswa baru antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah kabupaten masih mempunyai jarak yang tinggi.Pertambahan jumlah jurusan/prodi baru pada PTN dapat membawa dampak menurunnya jumlah peminat PTS.Disparitas pemberian hibah pemerintah untuk pengelolaan kampus antara PTN dan PTS juga merupakan hal yang menyebabkan sulit bersaingnya PTS dengan PTN.Berbagai disparitas tersebut merupakan hal yang tidak dapat dikontrol oleh masing-masing PTS dalam memasuki dunia persaingan.

Penelitian ini didasarkan pada perilaku masing-masing konsumen (mahasiswa), dimana dari angket yang disebarkan akan diketahui persepsi citra kampus yang dihasilkan melaluiĀ  kepuasan mahasiswa yang ada di dalamnya.

Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling dalam menjawab hipotesis yang telah dibuat. Diharapkan keterkaitan hasil analisa berbagai variabel penelitian ini dan variabel citra lembaga dapat membantu pihak internal manajemen STKIP PGRI Tulungagung dalam menentukan arah strategi dan kebijakan yang akan diambil dikemudian hari.


Article Metrics :