STRATEGI PRODUK DALAM MENGHADAPI PESAING PADA PERUSAHAAN BATIK ”MERAK MANIS” LAWEYAN-SURAKARTA

Sulastri Rini Rindrayani


DOI: https://doi.org/10.29100/.v1i02.58

Abstract


ABSTRAK

 

             Dalam kondisi yang mengglobal ini perusahaan dituntut untuk selalu mengerti dan memahami apa yang terjadi dipasar, apa yang menjadi keinginan konsumen, serta berbagai perubahan yang ada di lingkungan bisnisnya sehingga mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Strategi nproduk merupakan salah satu cara untuk menghadapi pesaing. Perusahaan Batik merak manis menerapkan strategi produk dalam menghadapi pesainnya. Hal ini disebabkan produk batik lebih menekan pada hasil batikannya yang berupa kualitas batik yang terlihat dari kain mori, lukisan batik dan corak warna yang digemari konsumen, sehingga ke khasan batik merak manis mampu  mengalahkan pesaing. Adapun strategi produk yang dilakukan oleh perusahaan batik merak manis antara lain : (1)melalui produk,(2) strategi merek produk, (3) daur hidup produk, (4) kemasan/lebel, (5)) layanan/service, (6) Proses produksi, (7) pemasok, (8) pelanggan. Dengan penerapan  strategi produk ini perusahaan batik merak manis dapat menepatkan posisi produknya yang lebih berkualitas daripada pesaingnya, sehingga merek merak manis lebih melekat pada konsumen dari merek yang lain. Kreativitas dan inovasi dalam produk selalu rajin dilakukan melalui lukisan batik dan corak warna  bergaya modern yang  digemari kosumen,  menunjukkan ciri   batik merak manis seakan produknya selalu baru.

Kata Kunci: Starategi Produk dan  Pesaing


Article Metrics :