STUDY TENTANG PENINGKATAN KINERJA UKM MELALUI PENDEKATAN FAKTOR INOVASI ORGANISASI, TEKNOLOGI, BUDAYA PERUSAHAAN, DAN LINGKUNGAN EKSTERNAL

Bayu Cahyoadi


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v1i02.57

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini menuliskan gambaran penyelesaian permasalahan Usaha Kecil  dan Menengah (UKM) di Indonesia dalam menghadapi MEA, dimana dibutuhkan suatu permodelan yang baik untuk meningkatkan kinerja UKM tersebut. Permodelan tersebut dikaji dari berbagai sumber untuk dapat dirumuskan dari berbagai proposisi yang melandasi. Sumber-sumber yang dikaji merupakan sumber pustaka dari kajian empiris dan teoritis yang telah diuji keabsahannya.

Karya tulis ini secara garis besar menganalisa hubungan berbagai dimensi mengenai inovasi manajemen dan faktor yang mempengaruhinya dalam rangka peningkatan kinerja. Kreativitas karyawan, teknologi, lingkungan eksternal dan budaya organisasi merupakan dimensi yang digunakan dalam peningkatan peran inovasi manajemen yang pada akhirnya dapat mempengaruhi peningkatan kinerja organisasi.

Setelah penelusuran pustaka dan pembentukan proposisi, maka secara  teoritis dapat dibuat permodelan peningkatan kinerja UKM dengan disertai scenario bulidings dalam pembuatannya. Permodelan ini disertai penjelasan hubungan berbagai dimensi yang ada pada scenario buildings, berikut berbagai keterbatasan yang dapat diperbaiki untuk penelitian selanjutnya dan implikasi manajerial yang merupakan masukan yang dapat digunakan oleh para manajer UKM demi peningkatan kinerja dan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kata kunci: Kreativitas Karyawan, Teknologi, Lingkungan Eksternal, Inovasi Manajemen, Budaya Organisasi, Kinerja UKM


Article Metrics :