Penerapan Metode ‘Moving Groups’ Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar

Agus Sunaryo


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v1i02.55

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII-H SMPN 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung semester Gasal tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode ‘moving groups’.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMPN 1 Boyolangu  Kabupaten Tulungagung pada siswa kelas VIII-H pada semester Gasal tahun pelajaran 2015/2016.  Jumlah siswa ada 38 siswa.

Pelaksanaan kegiatan ‘moving groups’ yang dilakukan oleh siswa dapat berjalan dengan baik dan lancar, sebagaimana ditunjukkan dalam hasil pengamatan kegiatan kerjasama siswa dalam kelompok diskusi dengan rata-rata prosentase pada siklus I sebesar 67,94 %.  Sedangkan dalam siklus II mengalami peningkatan, yaitu menjadi 73,63 %. Jadi kerjasama siswa dalam kelompok sudah termasuk baik.

Hasil evaluasi menunjukkan terdapat kenaikkan yang tuntas belajar dari 21 siswa (55,3%) pada pra tindakan menjadi 30 siswa (78,9 %) pada siklus I, dan menjadi 33 siswa (86,8 %) pada siklus II.  Sedangkan yang belum tuntas belajar mengalami penurunan dari 17 siswa (44,7%) pada pra tindakan, menjadi 8 siswa (21.1 %) pada siklus I, dan menjadi 5 siswa (13,2 %) pada siklus II.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode ‘moving groups’ yang digunakan dalam pembelajaran, dapat meningkat aktifitas belajar pelajaran IPS pada siswa kelas VIII-H SMPN 1 Boyolangu, Kabupaten Tulungagung semester Gasal tahun pelajaran 2015/2016.

Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada para guru agar semakin aktif dan kreatif dalam memilih metode dalam kegiatan belajar mengajar agar dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Kepada Kepala Sekolah hendaknya dapat mengambil kebijakan tentang perlunya melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi setiap guru, agar motivasi belajar siswa juga semakin meningkat.

Kata Kunci :  Metode ‘moving groups’, Aktifitas Belajar, dan IPS


Article Metrics :