Pengaruh Kualitas Layanan Dan Sarana Prasarana Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2013 Di STKIP PGRI Tulungagung

Ika Sugiarti
Bayu Cahyoadi
Eka Yuliana Sari


DOI: https://doi.org/10.29100/.v2i2.358

Abstract


Abstract : Library as one of supp orting facilities of students. Library in STKIP PGRI Tulungagung relatively crowded only when the thesis alone, allegedly less student satisfaction. Reference books in the library is relatively small which causes students are reluctant to come to the library, as said by Elok Sofiana. The purpose of this study is to determine whether there is influence either partially or simultaneously the quality of services and infrastructure facilities library to student satisfaction. This research method uses a questionnaire for all variables. The result of this research is partially and simultaneously the quality of services and facilities of library infrastructure to the satisfaction of the students of economics education program 2013 in STKIP PGRI Tulungagung.

Keywords: Student Satisfaction, Quality of Service, Infrastructure Facility Library.

 Abstrak: Perpustakaan sebagai salah satu sarana penunjang mahasiswa. Perpustakaan di STKIP PGRI Tulungagung relatif ramai hanya saat skripsi saja, diduga kepuasan mahasiswa kurang. Referensi buku-buku di perpustakaan relatif sedikit yang menyebabkan mahasiswa enggan datang ke perpustakaan, seperti yang dikatakan oleh Elok Sofiana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan kualitas layanan dan sarana prasarana perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan angket untuk semua variabel. Hasil dalam penelitian ini ada pengaruh secara parsial dan simultan kualitas layanan dan sarana prasarana perpustakaan terhadap kepuasan mahasisiwa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2013 di STKIP PGRI Tulungagung.


Article Metrics :

References


Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta; Rineka Cipta

B Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengaruhnya, Analisis Bidang Pendidikan. Bumi Aksara : Jakarta.

Darmono, 2007. Pengembangan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Perpustakaan Sekolah

Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Suatu Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: Gramedia Widiasmara Indonesia.

Fandy Tjiptono, 2004. Strategi Pemasaran. Edisi kedua, Andi, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

J Supranto, 2011. Statistik Teori dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta

Kotler, 2007. Manajemen Pemasaran. Cetakan Keenam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lupiyoadi, R & Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nawawi, M. T., & Puspitowati, I. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Perpustakaan Sebagai Prediktor Terhadap Kepuasan Civitas Akademika Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Di Jakarta. Jurnal Ekonomi, XX(02), 320–334.

Prasetyaningrum, I. D. (2009). Kepuasan Mahasiswa Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus Pada Undaris Ungaran). Skripsi Program Studi Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang, 1–101.

Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Economia, 9, 52–65.

Rambat Lupiyoadi dan A. Hamdani, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Riduwan, 2011. Dasar- Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, S. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutarno, NS. 2006. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Sagung Seto.

Tim Dosen STKIP PGRI Tulungagung. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Edisi ke IV revisi Ke IV Tulungagung: UPPM STKIP PGRI Tulungagung

Utami dan Bakhtaruddin, Bafadal, Ibrahim. 2012. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.