PENGARUH PELATIHAN TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DI TULUNGAGUNG
Abstract
Abstrak
Untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional, diperlukan guru profesional yang menguasai kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Untuk dapat menguasai empat kompetensi tersebut, guru perlu aktif mengikuti pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan berpengaruh terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar di daerah Kabupaten Tulungagung, dan seberapa pelatihan tersebut terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar di daerah Kabupaten Tulungagung.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode kuesioner dan dokumentasi. Metode kuesioner digunakan untuk mengambil data profesionalisme guru. Metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data pelatihan. Pengujian instrumen yaitu dengan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan sebelum pengujian hipotesis. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana dan uji t.
Keywords : Pelatihan, Profesionalisme guru
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Bina Aksara
Aqib, Zainal. 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung : Yrama Widya.
Bafadal, Ibrahim. 2008. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Barnawi. & Arifin. M,. 2012, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Ar-uzz. Media, Jogjakarta
Husein Umar, 2004, Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Cetakan. Keempat, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Priyatno, Duwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gava Media.
Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan.Bandung: Alfabeta.
Soetjipto dan Raflis Kosasi. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiarto, dkk. 2003. Teknik Sampling. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.