ANALISIS STABILITAS BETA SEBAGAI UKURAN RISIKO SISTEMATIS SAHAM

Joni Hendra


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v1i1.32

Abstract


ABSTRAK: Ukuran relatif risiko sistematis juga dikenal sebagai koefisien beta. Beta suatu saham adalah nilai matematis yang mengukur sensitivitas return dari suatu saham terhadap pergerakan return pasar secara umum, nilai beta yang tinggi mengidentifikasikan tingkat risiko yang tinggi, juga sebaliknya untuk beta yang rendah mengidentifikasikan tingkat risiko yang rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah beta saham individual dan portofolio saham stabil dari suatu periode estimasi ke periode estimasi berikutnya, (2) apakah stabilitas beta saham individual dan beta portofolio saham dari suatu periode estimasi ke periode estimasi berikutnya semakin meningkat sejalan dengan bertambah lama waktu estimasi beta dalam periode estimasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan/perspektif explanatory atau confirmatory research, sedangkan data sekunder yang berhubungan dengan variabel-variabel penelitian dikumpulkan dengan teknik dokumentasi secara pooled sectional, yaitu data harga penutupan saham (closing price) mingguan dari 75 saham yang terpilih dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dan IHSG mingguan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun. Pengujian stabilitas beta saham dilakukan dalam tiga sub periode 52 mingguan yaitu; 52 minggu pertama, 52 minggu kedua dan 52 minggu ketiga, dengan alat uji matriks transisi dan uji korelasi. Untuk menghindari dari bias beta, sebelum dilakukan pengujian beta saham terlebih dahulu dikoreksi dengan menggunakan metode koreksi Fowler dan Rorke empat lead dan empat lag.

 

Kata Kunci : Koefisien Beta, Stabilitas Beta, Bias Beta, Koreksi Beta   dengan empat lead dan empat lag


Article Metrics :

References


Blume, E. M. On the Assesment of Risk. 1995. Journal of Finance. 1 hlm 1-10.

Betas and Their Regrssion Tendencies. 1995. Journal of Finance.30 hlm 785-795.

Fowler, D.J. and C.H. Rorke. The Risk Measurement When Shares are Subject to Infrequent Treding. 1995. Journal of Financial Economics. 12. Hlm. 279-289.

Ariff, M. dan L. W. Johnson. 1996. Securities Markets & Stock Pricing: Evidence From a Developing Capital Market in Asia. Longman Singapure Publisher Ltd.

Dimson, E. Risk Measurement Whan Shares are Subject to Infrent Trading. 1997. Journal of Financial Economics. 7 hlm. 197-226.

Elton, E. J. and M.J. Gruber. 1997. Modern Portfolio Theory and Investment Analysis. 5 ed. John Wiley & Sons. New York.

Levy, R.A On The Short Term Stationary Of Beta Coeficients, 1997. Financial Analyst Journal. 25 hlm. 55-62.

Brigham, E. F. , Louis C. Gapenski and P. R. Daves. 1999. Intermediate Financial Management. 6th ed. The Dryden Press. Harcourt Brace College Publishers. New York.

Hampton, J. J. 1999. Financial Decision Making: Concepts, Problems, and Cases. 4th ed. Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs, New Jersey.

Scholes, M. and J. Williams. Estimating Betas from Nonsynchronous Trading. 1999. Journal of Financial Economics. 5 hlm. 309-327.

Nassir, A. Md and Samser, M. 2005. Stock Pricing in Malaysia. Longman Singapore Publisher Ltd. Singapore

Tandelilin, E. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Edisi Revisi BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.

Van Horne, J.C. 2001, Financial Management and Policy, 8th ed. New Delhi.

Pudjiastuti, E. dan Husnan, S. 2005. Konsistensi beta, pengamatan di Bursa Efek Jakarta. Manajemen dan Usahawan Indonesia, No. 12: 2-5.

Husnan, Suad, 2007 Dasar-Dasar Teori Portfolio dan Analisis Sekuritas” Edisi ketiga, Yogyakarta : UPP AMP YKPN

William F. Sharpe, Gordon J.Alexander, dan Jeffery V.Balley, 2005, Investasi, Edisi Keenam, jilid 1, Indeks, Jakarta, (terjemahan)

Hartono J. dan Surianto. 2007. Bias Beta Sekuritas dan Koreksinya untuk Pasar Modal Yang Sedang Berkembang: Bukti Empiris di BEJ.

Jusuf Anwar, 2008, Seri Pasar Modal; Pasar Modal Sebagai Sarana Pembiayaan dan Investasi, Bandung, Alumni

Fahmi Irham, 2012. Pengantar Manjemen Keuangan. Bandung, Penerbit Alfabeta, CV.

Irham, 2012. Pengantar Manjemen Keuangan. Bandung, Penerbit Alfabeta, CV.